Sebut RI Bakal Jadi Negara Super Power di Asia, Jokowi Wanti-wanti Ini

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, pertumbuhan ekonomi dunia saat ini sudah bergeser dari negara Barat ke Asia. Indonesia pun diperkirakan akan menjadi salah satu negara dengan ekonomi super power di Asia. 

Respons Puan soal Kabar Jokowi Tolak PDIP Masuk Kabinet Prabowo: Lihat Pada Waktunya

Jokowi mengatakan, saat ini dunia telah masuk ke abad Asia, yang mana telah terjadi pergeseran dari Barat menuju Asia. Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara ini BNI Investor Daily Summit 2024. 

"Pertumbuhan ekonomi juga bergeser semuanya ke Asia, dan diprediksi diperkirakan di Asia nanti akan ada tiga kekuatan ekonomi baru, super power ekonomi tiga negara yang diperkirakan India, China, dan Indonesia," ujar Jokowi di JCC, Senayan, Selasa, 8 Oktober 2024.

Ekonomi Tumbuh Positif, Jokowi Ajak Investor Manfaatkan Peluang Investasi di Indonesia

Presiden Jokowi bersama sang cucu Jan Ethes di HUT TNI ke-79

Photo :
  • Ist

Meski diperkirakan RI akan menjadi negara super power di Asia, Jokowi mengingatkan bahwa terdapat banyak tantangan dan syarat yang harus dilalui Indonesia. 

Kemenag Undang Jokowi dan Prabowo untuk Peringati Hari Santri 22 Oktober

"Hati-hati untuk menuju ke tiga negara tadi menjadi super power ekonomi itu banyak tantangannya, banyak syarat yang harus dilalui. Oleh sebab itu optimisme itu penting, menjaga optimisme itu penting," jelasnya. 

Kepala Negara ini menjelaskan, salah satu tantangan itu di antaranya perekonomian dunia yang diperkirakan akan melambat.

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

"Tantangan yang kita hadapi pelambatan ekonomi global yang diperkirakan masih diangka angka 2,7 persen, 2,8 persen rata-rata. Dan patut kita syukuri Indonesia masih tumbuh di atas 5 persen growth-nya," imbuhnya.

VIVA Militer: Tank tempur militer Israel di Rafah, Palestina

Setahun Perang, Israel Akui Tanggung Beban Ekonomi Terberat Sepanjang Sejarah

Sudah setahun lamanya serangan yang dilancarkan oleh Israel ke Palestina sejak 7 Oktober 2024

img_title
VIVA.co.id
8 Oktober 2024