PIS Gandeng KLHK, Perkuat Komitmen Bisnis Berkelanjutan

Pertamina International Shipping.
Sumber :
  • Dokumentasi PIS.

Jakarta, VIVA – Pertamina melalui PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali membuktikan komitmen dan kepeduliannya terhadap lingkungan guna mendorong bisnis berkelanjutan. Dengan menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan organisasi nirlaba Yayasan Sahabat Ciliwung (YSC), PIS menggelar kegiatan membersihkan Sungai Ciliwung dan sukses membersihkan 14,19 ton sampah.

7 Kuliner Favorit Gen Z yang Paling Laris, Cocok untuk Ide Bisnis di Tahun 2024

Vice President (VP) Health, Safety, Security and Environment (HSSE) PIS, Ade Gunawan mengatakan, kegiatan yang dilakukan sebagai bagian memeriahkan Festival Sungai Ciliwung 2024 itu, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan Sungai Ciliwung dan kelestarian lingkungan. 

Para pekerja PIS bersama dengan ratusan relawan, menelusuri Sungai Ciliwung selama kurang lebih 4 jam menggunakan perahu karet, untuk membersihkan sampah sampah tersebut.

Bangkit Setelah PHK: 10 Ide Pekerjaan Kekinian yang Bisa Anda Mulai dari Rumah

"Keterlibatan PIS dalam kegiatan ini, merupakan bukti komitmen PIS menjaga keberlanjutan lingkungan," kata Ade dalam keterangannya, Senin, 7 Oktober 2024.

Pertamina International Shiping [dok. Pertamina International Shipping]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Satu Paket, BBM Baru Pertamina dan Pembatasan Pertalite Siap Diumumkan

Dia menjelaskan, membersihkan sungai secara tidak langsung adalah upaya untuk membersihkan laut. Karena apa yang terjadi di sungai, akan diterima di laut. Sebab, sebagian besar dari teritori Indonesia bahkan dunia adalah lautan.

"Jadi kalau kita ingin lautnya bersih, kita mulai dari sungainya kita bersihkan. Harapan kami, kegiatan ini tidak hanya terjadi di Festival Ciliwung saja, tapi terus berkelanjutan," ujarnya.

Senada, Direktur Pengendalian Pencemaran Air KLHK, Tulus Laksono menambahkan, kolaborasi ini merupakan upaya untuk menumbuhkan budaya cinta sungai.

"Harapan kami, setelah acara ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah ke sungai," ujarnya.

Diketahui, festival dengan tema ‘Ciliwung Merdeka dari Sampah dan Plastik’ ini sendiri telah dimulai sejak tanggal 16 September 2024. Festival ini terdiri dari serangkaian kegiatan, yaitu arung edukasi dan pembersihan sungai, lomba recycling sampah plastik, workshop kerajinan tangan dari sampah daur ulang, dan lainnya.

Acara ini juga sejalan dengan kontribusi Pertamina Group dalam rehabilitasi Sungai Ciliwung melalui Gerakan Gerbang Biru Ciliwung, yang telah berjalan sejak Agustus 2024. Program ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 6 untuk penyediaan air bersih dan sanitasi yang layak, serta SDGs nomor 14 untuk menjaga ekosistem laut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya