KAI Group Angkut 338 Juta Penumpang hingga Kuartal III-2024, Terbanyak Commuter Line
- IG PT KAI @kai121_
Jakarta, VIVA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias PT KAI melaporkan telah melayani sebanyak 338.147.389 penumpang, dari Periode 1 Januari hingga 30 September 2024.
Vice President (VP) Public Relations KAI, Anne Purba merinci, jumlah tersebut terdiri dari 38.667.118 penumpang dikelola langsung oleh KAI, 275.768.006 penumpang KAI Commuter, 4.178.617 penumpang KAI Bandara, 14.653.832 penumpang LRT Jabodebek, 108.836 penumpang KAI Wisata, dan 4.770.980 penumpang Whoosh.
"Hingga bulan September 2024 KAI berhasil melayani penumpang KA jarak jauh dan lokal sebanyak 38.667.118 penumpang, meningkat 8,46 persen dibandingkan periode yang sama di 2023 yaitu sebanyak 35.650.629 penumpang," kata Anne dalam keterangannya, Senin, 7 Oktober 2024.
Selain itu, angkutan lainnya juga mengalami peningkatan selama periode Januari hingga September 2024. Seperti, KAI Commuter yang melayani penumpang KRL, dan KA Lokal mencatat angka 275.768.006 penumpang atau meningkat 14,46 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu 240.927.905 penumpang.
"Penumpang KAI Wisata juga meningkat signifikan, yakni sebesar 70,82 persen, dari 63.713 penumpang menjadi 108.836 penumpang," ujarnya.
Anne menjelaskan, peningkatan volume penumpang ini didukung oleh perbaikan performa ketepatan waktu kereta api, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan. Pada Agustus 2024 tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85 persen, meningkat dari 99,76 persen dibanding periode yang sama tahun 2023.
"Sementara tingkat ketepatan waktu kedatangan pada Agustus 2024 tercatat 97,87 persen, atau meningkat dibanding pada Agustus 2023 yakni 95,46 persen," kata Anne.
Anne menyatakan, perbaikan performa ketepatan waktu ini dicapai berkat peningkatan mutu kinerja operasional, termasuk perawatan sarana dan prasarana yang lebih baik. Ketepatan waktu adalah salah satu keunggulan utama transportasi kereta api, yang menjadikannya pilihan favorit masyarakat karena bebas dari kemacetan.
“KAI akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api. Dengan peningkatan kualitas secara berkelanjutan ini, kami berharap kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan," ujarnya.