Cair! Ini Cara Klaim Dana Bansos hingga Rp750 Ribu Langsung ke Rekening

Ilustrasi pencairan dana bantuan sosial (bansos)
Sumber :

Jakarta, VIVA – Ini cara klaim dana bansos bantuan sosial (bansos) hingga Rp750 ribu, langsung ke rekening. Sebagaimana diketahui, pemerintah masih terus berupaya memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan melalui berbagai program sosial.

Anak Usia Dini Bisa Dapat Bantuan Rp2,4 Juta dari PKH, Begini Cara Daftarnya!

Salah satunya yang populer yakni Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini bertujuan membantu keluarga miskin dalam memenuhi kebutuhan dasar.

Mulai dari pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan umum. Bantuan sosial (bansos) dari PKH ini diberikan setiap tahun dalam empat tahap pencairan.

Awas Penipuan! Ini Cara Bedakan Link DANA Kaget Asli dan Palsu

Program Keluarga Harapan (PKH)/Ilustrasi bansos

Photo :
  • Portal Resmi Pemprov DKI Jakarta

Pada akhir tahun 2024, Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan bantuan PKH Tahap 4. Pencairan dana ini dijadwalkan berlangsung dari Oktober hingga Desember 2024.

Segini Jumlah Dana Bantuan PKH yang Diberikan untuk Ibu Hamil

Sebelum mengetahui caranya, Anda perlu tahu besaran bantuan yang diterima bervariasi tergantung pada kategori penerima. Mulai dari ibu hamil, anak usia dini, hingga lansia.

Untuk memanfaatkan bantuan ini, penerima harus mengikuti prosedur pencairan dana yang telah ditentukan pemerintah. Lantas, bagaimana cara memastikan Anda terdaftar sebagai penerima dan bagaimana cara mencairkan dana tersebut?

Cara Cek Status Penerima PKH

Untuk mengetahui apakah Anda masuk dalam daftar penerima PKH, lakukan pengecekan melalui situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos) di cekbansos.kemensos.go.id.

Anda hanya perlu memasukkan data wilayah dan nama sesuai KTP, serta kode captcha yang tersedia. Jika Anda masuk dalam daftar penerima, maka dana bansos akan langsung cair ke rekening bank Himbara Anda.

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya