Penjelasan Pertamina soal Harga BBM Pertamax Series Turun 1 Oktober

ilustrasi harga BBM dan SPBU Pertamina (dok: Pertamina)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian berkala untuk harga BBM Non-subsidi bulan Oktober 2024. Harga Pertamax Series dan Dex Series mengalami penurunan signifikan. Harga baru berlaku pada 1 Oktober 2024.

Harga BBM Pertamina Resmi Turun per 1 Oktober 2024, Pertamax Jadi Rp12.100

Menurut Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, harga BBM Non-subsidi selalu dievaluasi berkala mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus dan juga mempertimbangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

Ia menyatakan, evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM Non-subsidi rutin dilakukan. Bisa tetap, bisa naik dan bahkan bisa turun, tergantung trend harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah.

Viral Mobil Ini Gak Bisa Isi Pertalite Gegara Jatahnya Dipakai Orang Lain

“Pada Oktober ini, semua harga BBM Non Subsidi Pertamina mengalami penurunan harga," jelas Heppy lewat keterangan tertulis, Selasa, 1 Oktober 2024.

SPBU Pertamina, ilustrasi harga BBM

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Harganya Bikin Penasaran, Apakah Pertamax Green 92 Jadi Gantikan Pertalite?

Untuk Pertamax Turbo (RON 98), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp13.250, Pertamax Green (RON 95) menjadi Rp12.700 dan untuk Pertamax (RON 92) menjadi Rp12.100.

Sedangkan untuk Dexlite (CN 51), terdapat penyesuaian harga menjadi Rp12.700 dan Pertamina Dex (CN 53) harganya menjadi Rp13.150 per liternya. Harga ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5% seperti di wilayah DKI Jakarta.

“Kami terus berkomitmen untuk menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin dengan harga yang kompetitif di seluruh wilayah Indonesia,” kata Heppy. 

Harga Pertamax.

Kompak Turun, Ini Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, BP dan Vivo per 1 Oktober 2024

Berbagai SPBU di Indonesia kompak menurunkan harga untuk beberapa jenis BBM per 1 Oktober 2024. PT Pertamina menurunkan harga BBM Subsidi, begitu juga Shell, BP dan Vivo.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2024