Live Shopping Buat Omset UMKM Naik 7 Kali Lipat, Tokopedia Beberkan Rahasianya!

Media Workshop Bersama UMKM Kopi Lokal di Bandung
Sumber :
  • VIVA/Ainuni Rahmita

Bandung, VIVA – Tokopedia, salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, melaporkan peningkatan drastis pada omset pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) selama semester pertama tahun 2024.

Kemendag Rilis Aturan Baru soal Perdagangan Antarpulau, Pelaku Usaha Diwajibkan Lakukan Ini

Dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2023, para pelaku usaha yang menggunakan fitur live shopping berhasil meningkatkan omset hingga 7 kali lipat.

Informasi ini disampaikan oleh Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, dalam acara Media Workshop Bersama UMKM Kopi Lokal di Bandung pada Senin, 30 September 2024.

Keberadaan AgenBRILink di Wilayah Transmigrasi Merauke Dorong Kemajuan Ekonomi Lokal

Aditia menjelaskan bahwa tren live shopping memberikan dampak signifikan bagi UMKM yang memanfaatkan platform tersebut.

“Memang penjualannya kalau live rata-rata naik 7 kali lipat, tapi ada yang beda juga, banyak yang lebih tinggi dari 7 kali lipat,” ungkap Aditia.

Kawal Implementasi Kebijakan Hapus Utang UMKM, Menteri Maman: Mereka Punya Nyawa Lagi

Hal ini menunjukkan bahwa live shopping menjadi salah satu strategi utama bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan mereka.

Lebih lanjut, Aditia membeberkan rahasia alasan mengapa live shopping berhasil menarik minat pembeli.

Menurutnya, pengalaman belanja secara langsung melalui fitur ini memberikan interaksi yang lebih personal, mirip dengan suasana berbelanja di pasar tradisional.

“Live shopping itu buat kita lebih interaktif, rasa interaktif itu kemudian memberikan kenyamanan bagi pembeli untuk yakin dengan produk-produk yang dijual oleh para rekan reseller dan UMKM,” jelasnya.

Ilustrasi Live Shopping

Photo :
  • Shutterstock/BaLL LunLa

Melalui sesi live shopping, para penjual bisa memberikan penjelasan langsung, menjawab pertanyaan dari calon pembeli, dan menunjukkan produk secara detail, yang sulit didapatkan melalui belanja online biasa.

Aditia juga berbagi pengalaman dari beberapa pelaku UMKM yang sukses memanfaatkan live shopping.

“Setiap produk di live shopping punya ciri khasnya masing-masing. Kita pernah bicara dengan berbagai macam seller, ada yang dulu awal cobain live shopping sejam, lama-lama laku, cobain dua jam lagi, masih laku. Hingga ada beberapa brand yang memang hampir live shopping 24 jam,” ungkapnya..

Selain meningkatkan penjualan, live shopping juga menawarkan pengalaman belanja yang lebih menghibur bagi konsumen. Sehingga menjadi salah satu daya tarik utama yang membuat banyak pembeli betah menonton dan berbelanja secara live.

Para pelaku UMKM pun merasakan dampak positif dari peningkatan kunjungan dan interaksi yang lebih intens dengan calon pembeli.

Meskipun begitu, Aditia menegaskan bahwa konsistensi adalah kunci agar para pelaku UMKM dapat terus meningkatkan omset mereka melalui live shopping. Aditia menyarankan agar para pelaku usaha terus mengeksplorasi berbagai strategi live shopping yang efektif dan inovatif.

Praktisi IT dan Dirut PT TDC Indra

Sosialisasi di Kalangan UMKM Harus Lebih Maksimal

Sosialisasi yang lebih maksimal lagi, harus dilakukan. Terutama di tengah-tengah kalangan UMKM. Dengan begitu, penggunaan transaksi digital seperti QRIS, bisa lebih luas.

img_title
VIVA.co.id
27 November 2024