Dana Bansos hingga Rp600 Ribu Cair, Cek Nama dan NIK KTP Anda di Sini!

Menghitung uang kertas rupiah pecahan 100 ribu (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jakarta, VIVA – Ini cara cek dana bansos atau bantuan sosial yang akan cair selama periode September dan Oktober 2024. Sebagaimana diketahui, saat ini, pemerintah terus menjalankan program bantuan sosial untuk masyarakat kurang mampu.

Mensos Kaji Perluasan Penerima Bansos untuk Kelas Menengah Terancam

Salah satu program bansos yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Program ini dirancang agar penerima manfaat bisa memperoleh dana bantuan secara rutin, yang bertujuan meringankan beban ekonomi mereka, khususnya dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari.

Diketahui, sebanyak 18 juta penerima manfaat yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) berhak menerima bantuan BPNT sebesar Rp200 ribu setiap bulan. Pencairan dana tersebut dilakukan dalam satu periode yang mencakup beberapa bulan sekaligus, tergantung jadwal yang ditentukan oleh pemerintah.

Gus Ipul Sebut Pemerintah Kerja Keras Sinkronisasi Data Bansos

Untuk pencairan tahap kelima tahun ini, dana bantuan yang akan diterima mencakup periode September hingga Oktober 2024. Total bantuan yang bisa diterima oleh setiap penerima manfaat dalam periode ini yakni Rp400 ribu, namun bisa mencapai Rp600 ribu bila cair di bulan November. 

Bagi masyarakat yang belum menerima dana BPNT, harap bersabar karena pencairan bisa berlangsung hingga akhir Oktober atau bahkan November. Pastikan untuk selalu mengikuti informasi resmi dari pemerintah agar tidak terlewat.

Gus Ipul Ingatkan Bansos Tak Disalahgunakan untuk Kepentingan Pilkada

Nah, untuk memastikan apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima BPNT dan mengecek status pencairan dana, pemerintah telah menyediakan layanan pengecekan. Layanan tersebut bisa diakses secara online. Berikut cara mengecek dana bansos yang bisa Anda lakukan:

Cara Cek Bansos BPNT

Program Keluarga Harapan (PKH)/Ilustrasi bansos

Photo :
  • Portal Resmi Pemprov DKI Jakarta

1. Buka situs resmi cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isi data lokasi tempat tinggal Anda sesuai dengan KTP.

3. Masukkan nama penerima manfaat yang ingin Anda cek.

4. Klik "CARI DATA" untuk melihat hasilnya.

Pastikan Anda selalu memantau informasi resmi dari pemerintah dan rutin memeriksa status penerimaan bantuan. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya