Pastikan Karyawan Jalani Prinsip Work Life Balance, Mitratel Terapkan Moves

Menara telekomunikasi Mitratel.
Sumber :
  • Dokumentasi Mitratel

Jakarta, VIVA – Emiten penyedia menara telekomunikasi PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel) memberi ruang bagi para pekerjanya untuk menjalankan prinsip work life balance dengan kepedulian sosial yang tinggi. Hal tersebut diwujudkan dengan meluncurkan gerakan Mitratel Moves yaitu gerakan untuk mendorong karyawan lebih aktif berolahraga sambil berdonasi.

Koalisi Pejalan Kaki Sebut Surabaya Darurat Fasilitas Transportasi Umum

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, gerakan ini lebih dari sekedar promosi gaya hidup sehat. Sebab, anak usaha Telkom Indonesia itu akan menganggarkan donasi sebesar Rp1 untuk setiap satu langkah karyawan yang tercatat dalam Moves.

Donasi hasil konversi langkah ke rupiah tersebut akan disalurkan untuk mendukung program di bidang pelestarian lingkungan, pengembangan pendidikan, dan peningkatan kesehatan.

Pekerja di Thailand Meninggal Dunia Usai Cuti Sakitnya Ditolak Bos

Tower Mitratel di kawasan IKN, Kalimantan Timur

Photo :
  • Istimewa/Mitratel

"Gerakan yang mengambil tema Moves ‘Bikin Bergerak, Hidup Lebih Berarti’ ini bukan hanya memotivasi karyawan untuk berolahraga, namun juga melibatkan pekerja dalam berdonasi. Karyawan kita bukan hanya hidup sehat dan kuat tapi juga bahagia dunia akhirat," ujar Teddy dikutip dari keterangannya, Senin, 30 September 2024.

Boeing Tingkatkan Tawaran Gaji dalam Upaya Akhiri Aksi Mogok Kerja

Dia menjabarkan, Moves lahir sebagai bentuk solusi dan kampanye hidup sehat dari manajemen Mitratel terhadap fakta bahwa Indonesia menjadi negara dengan rata-rata jumlah masyarakat yang berjalan kaki terendah di dunia. Hal itu menurut riset yang dilakukan oleh para peneliti di Stanford University dalam jurnal Sains Nature.

Teddy menambahkan, selain dampak sosial dalam bentuk donasi, gerakan tersebut juga berdampak terhadap pengurangan emisi karbon karena gerakan ini juga memotivasi karyawan berangkat dan pulang kantor menggunakan transportasi publik sambil berjalan menuju halte atau stasiun kereta.

Sementara itu, di sisi perusahaan diharapkan adanya peningkatan produktivitas. Dengan rajin berolahraga, tentu karyawan juga lebih sehat dan bugar sehingga anggaran kesehatan dapat digunakan secara lebih optimal dan terkontrol.

Menara telekomunikasi Mitratel.

Photo :
  • Mitratel

Sebelum diluncurkan secara resmi, gerakan Moves sudah diuji coba sejak Agustus 2024. Karyawan sangat antusias karena memiliki rasa keterkaitan dan kebanggaan yang tinggi. Prinsipnya, semakin sering karyawan berolahraga, maka semakin besar pula nilai donasinya.

"Moves adalah aplikasi yang dikembangkan untuk monitoring pencapaian jumlah langkah kaki yang dapat diakses seluruh karyawan. Terdapat berbagai informasi di dalamnya di antaranya pencapaian individu, unit serta fitur klasemen. Semua orang dan unit akan berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Inilah yang kami sebut berlomba lomba dalam kebajikan dengan bonus kesehatan,” kata Teddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya