Anindya Bakrie Optimistis Kolaborasi Kadin dan BUMN Bakal Dongkrak Ekonomi RI

[dok. Ketua Umum Kadin Indonesia, Anindya Bakrie, bersama Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam konferensi pers di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 30 September 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Kadin Indonesia, Anindya Bakrie menegaskan, Kadin Indonesia dan Kementerian BUMN telah sepakat menjalin sinergi, dalam upaya untuk bersama-sama memajukan perekonomian nasional.

Tuntaskan 2 Proyek Strategis Pemerintah, Aset KAI Naik 15,23 Persen per Tahun Sejak 2020

Langkah pertama yang akan dilakukan oleh Kadin dan Kementerian BUMN menurut Anindya, adalah bagaimana menyatukan database kedua pihak supaya berbagai sektor usaha di Tanah Air bisa saling dikolaborasikan ke depannya.

"Tadi kita bicara bagaimana mempersatukan database misalnya," kata Anindya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin, 30 September 2024.

Satukan Database BUMN dan Kadin, Erick Thohir Dorong Keterbukaan Demi Cegah Korupsi

Selain itu, sinergi lainnya yakni soal komunikasi kedua belah pihak, manakala ada proses divestasi yang sekiranya pas untuk dibukakan kesempatannya bagi para pengusaha swasta supaya bisa ikut berpartisipasi di dalamnya.

Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie Bertemu Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa
Kerjasama dengan Korea Selatan dan Belanda, Pemerintah Susun Strategi Pembangunan Berkelanjutan

"Yang kedua, tadi juga kita bicara dengan Pak Menteri, apabila nanti ada program-program divestasi yang skalanya pas, anggota-anggota kami juga pasti ingin berpartisipasi. Tapi intinya bagaimana bisa membangun perekonomian bisa lebih maju lagi," ujarnya.

Anindya menambahkan, dengan akselerasi ekonomi dan dunia usaha yang telah dilakukan dengan sangat luar biasa oleh pemerintahan Jokowi, Anindya mengaku sangat mengapresiasi komitmen Presiden Terpilih Prabowo Subianto untuk melanjutkan dan meningkatkan program-program yang sudah ada di pemerintahan sebelumnya.

Terlebih, dengan dicanangkannya pertumbuhan ekonomi nasional hingga 8 persen di era pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang, Anindya berharap sinergi Kadin dan Kementerian BUMN ini bisa menjalin kerja sama yang makin kuat antara sektor publik dan swasta di Tanah Air.

Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie Bertemu Menteri BUMN Erick Thohir

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

"Di zaman Pak Jokowi sudah luar biasa, dan di zaman Pak Prabowo mudah-mudahan bisa mencapai apa yang diniatkan (pertumbuhan ekonomi) sampai ke 8 persen. Nah, BUMN itu adalah suatu tokoh sentral, dan mudah-mudahan dari swasta juga bisa menjadi public-private partnership," kata Anindya.

"Kita ingin menjalin kerjasama lebih baik lagi. Apalagi seperti diketahui, Pak Kartiko (Wirjoatmodjo), Wamen BUMN, itu adalah anggota Kadin di pengurus. Dan kita melihat ke depannya banyak sekali kerja sama, mengingat banyak proyek-proyek di BUMN yang bisa dikerjasamakan dengan anggota Kadin," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya