Genjot Pertumbuhan Industri Furnitur RI, IFMAC & WOODMAC 2024 Fokus Dorong Inovasi

ilustrasi Pameran Komponen Manufaktur Furnitur Internasional (IFMAC) dan Pameran Mesin Pengerjaan Kayu (WOODMAC) 2024
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Pameran Komponen Manufaktur Furnitur Internasional (IFMAC) dan Pameran Mesin Pengerjaan Kayu (WOODMAC) 2024 resmi dimulai. Pameran ini ditujukan untuk meningkatkan inovasi dan pertumbuhan sektor furnitur dan perkayuan Indonesia.

Sambangi Pasar Baru Bekasi, Anindya Bakrie Dicurhati Pedagang soal Harga Naik hingga Daya Beli Turun

Adapun pameran ini akan berlangsung hingga 28 September 2024 di Jakarta International Expo Kemayoran. IFMAC WOODMAC menjanjikan peluang yang tak tertandingi bagi bisnis yang ingin berkembang di industri furnitur dan permesinan kayu Indonesia yang dinamis. 

“Di IFMAC & WOODMAC, manfaat unik menanti perusahaan internasional dan lokal, menawarkan platform yang sempurna untuk meningkatkan kehadiran mereka di pasar Indonesia, didukung oleh industri yang kuat dan dukungan pemerintah,” ujar Direktur Wahana Kemalaniaga Makmur, Sofianto Widjaja dalam keterangannya Kamis, 26 September 2024.

Dibuka Melemah, Rupiah Diproyeksi Menguat Efek Stimulus di China

Furnitur Besi

Photo :
  • ist

Diselenggarakan oleh PT Wahana Kemalaniaga Makmur (WAKENI), IFMAC & WOODMAC 2024 akan menampilkan berbagai macam peserta pameran yang memamerkan tren dan inovasi terbaru dalam pembuatan furnitur dan permesinan kayu. 

Kapalkan 14.500 Ton CPO, PTPN IV Cetak Devisa Rp 210,9 Miliar

Perusahaan-perusahaan peserta pameran internasional dan lokal yang terdiri dari produsen mesin, penyedia perangkat lunak teknologi, integrator sistem, dan penyedia layanan yang berpartisipasi dari seluruh dunia dapat memperoleh wawasan tentang tren pasar, membangun jaringan dengan para pemimpin industri, dan menjajaki kemitraan bisnis potensial.

Menurut Abdul Sobur Ketua Umum Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) pertumbuhan pasar ekspor diperkirakan akan mencapai 5-8 persen. Sementara pertumbuhan pasar domestik diproyeksikan sebesar 4-6 persen.

Inisiatif pemerintah yang mendukung industri furnitur termasuk Program Restrukturisasi Mesin dan Peralatan Industri Pengolahan Kayu, yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri dan mendukung pengembangan industri hulu.

Sementara itu, Ketua Umum Indonesian Sawmill and Woodworking Association (ISWA) Wiradadi Soeprayogo mengatakan, permintaan furnitur yang melonjak, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di pasar internasional. 

Lokasi Indonesia yang strategis dan kaya akan keberagaman bahan baku yang di negara atau benua lain tidak ada, menjadi pendukung utama untuk meningkatkan produktifitas sehingga mendorong Indonesia sebagai pusat ekspor yang strategis.

Atria Furniture di acara Apkasi Procurement Network 2022 Expo and Forum.

Photo :
  • Atria

Adapun industri furnitur Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar, dan kami berkomitmen untuk mendukung perkembangannya melalui kemitraan strategis dan kolaborasi bersama dengan WAKENI dalam penyelenggaraan IFMAC & WOODMAC.

Pasar furnitur Indonesia mengalami pertumbuhan yang luar biasa, diproyeksikan tumbuh sebesar 6,33 persen (2023-2028), menghasilkan volume pasar sebesar US$4,24 miliar pada tahun 2028, angka rata-rata dari berbagai laporan penelitian. 

IFMAC & WOODMAC 2024 mengantisipasi total perusahaan yang ikut serta mencapai lebih dari 300 peserta dari 20 negara. Produsen, distributor, pemasok, dan agen berkumpul di IFMAC & WOODMAC 2024, menawarkan beragam produk dan layanan yang sangat penting bagi sektor manufaktur furnitur dan mesin pertukangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya