BI Sebut Pemahaman Masyarakat RI Terkait Ekonomi Syariah Masih Sebatas Dosen dan PNS

Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia, Rifki Ismal (Doc: Natania Longdong)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong

Jakarta, VIVA – Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia, Rifki Ismal, menyatakan bahwa pemahaman masyarakat golongan pegawai non-Pegawai Negeri Sipil (PNS) mengenai keuangan syariah masih terbatas.

Ekonomi Syariah Jadi Target Penting Untuk Indonesia Emas di 2045

Menurut survei yang disebutkan Rifki, pada 2022, hanya 28 persen masyarakat Indonesia yang 'melek' terkait ekonomi syariah.

"Kalau saya beberkan, menurut survei pada 2022, masyarakat yang melek ekonomi syariah cuma 28 persen," kata Rifki dalam acara Forjukafi “Simposium Keuangan dan Ekonomi Syariah”, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis, 26 September 2024.

Ekonom Ramal BI Bakal Pangkas Suku Bunga 25 Basis Poin di Oktober 2024

Padahal, Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia. Namun, sangat disayangkan bahwa pengetahuan masyarakat mengenai ekonomi syariah masih terbilang rendah. Dia membeberkan bahwa saat ini hanya dosen dan kalangan PNS saja yang mengerti ekonomi syariah.

Ekonomi Syariah memiliki potensi yang besar

Photo :
  • vstory
Bertemu Menko Airlangga, Anindya Pastikan Dunia Usaha Dampingi Pemerintah Hadapi Tantangan Ekonomi

"Ternyata di masyarakat itu yang paham ekonomi keuangan syariah dosen sama PNS. Pegawai non-PNS kecil sekali yang paham keuangan syariah, padahal pegawai non-PNS itu jutaan jumlahnya. Tapi dari survei, jumlah mereka ternyata tak begitu banyak yang paham dengan keuangan syariah," ujarnya.

Gedung Bank Indonesia

Photo :
  • Dok. VIVA.co.id

Selain itu, masyarakat yang memahami keuangan syariah didominasi berasal dari provinsi dengan mayoritas penduduk Muslim dan memiliki tingkat keislaman cukup tinggi. Misalnya, provinsi yang banyak pesantren dan ulama otomatis memiliki tingkat literasi ekonomi syariah tinggi.

"Itu jadi PR (Pekerjaan Rumah) kita juga, bagaimana meningkatkan pemahaman masyarakat dengan ekonomi keuangan syariah," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya