DJP Luncurkan Simulator Coretax, Apa Itu?

Ilustrasi simulator coretax (dok: DJP)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA –  Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meluncurkan media edukasi berupa simulator Coretax pada situs pajak.go.id. Peluncuran simulator ini bertujuan untuk memfasilitasi wajib pajak dalam memahami berbagai fitur Coretax dengan lebih baik.

Pramono Janji Kembalikan Bebas Pajak Rumah di bawah Rp2 Miliar Era Gubernur Anies

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Dwi Astuti mengatakan, simulator Coretax tersebut bersifat interaktif. Wajib pajak akan dikenalkan pada berbagai fitur dalam aplikasi coretax. 

“Simulator coretax dapat diakses dari mana pun dan kapan pun menggunakan internet, sehingga dapat menjangkau lebih banyak wajib pajak,” ujar Dwi dalam keterangannya Rabu, 25 September 2024. 

Resmikan Produksi Smelter PT Freeport Indonesia, Ini Pesan Jokowi

Dwi juga menegaskan bahwa wajib pajak tidak perlu khawatir terhadap data pribadinya. Sebab data yang digunakan adalah data khusus untuk keperluan edukasi, bukan merupakan data wajib pajak yang 
sebenarnya.

Direktorat Jenderal pajak (DJP)

Photo :
  • Antara
Menko Polhukam Sebut Sebagian Data NPWP yang Diduga Bocor Tak Cocok dengan Pemiliknya

Dia menjelaskan, untuk mengakses simulator ini, wajib pajak harus melakukan pendaftaran pada laman awal akun DJPOnline. Apabila pendaftaran berhasil, sistem akan memberikan notifikasi melalui alamat email yang terdaftar pada akun DJPOnline. 

Adapun notifikasi berupa tautan, nama pengguna, dan kata sandi untuk mengakses simulator akan dikirim paling lama tiga hari kerja. Dalam rangka melakukan edukasi terkait Coretax, DJP tidak hanya menyediakan simulator. 

Sebelumnya, DJP telah mengadakan edukasi secara langsung dengan metode hands on yang dilakukan di seluruh unit kerja, termasuk kepada wajib pajak prioritas. DJP juga menyediakan sarana belajar mandiri dalam bentuk video tutorial dan hand book.

Contoh pajak langsung.

Photo :
  • Pixabay

DJP telah memproduksi 55 video tutorial dan 19 hand book yang disiapkan untuk membantu wajib pajak dalam mempelajari pengunaan Coretax. Sarana belajar tersebut nantinya dapat diakses melalui kanal komunikasi DJP. Saat ini, video tutorial dan hand book telah diunggah secara bertahap. 

"Peluncuran media edukasi Coretax diharapkan dapat meningkatkan pemahaman wajib pajak terhadap Coretax. Wajib pajak diharapkan dapat memberikan dukungan penuh atas implementasi Coretax nantinya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya