Menuju Global Top 20 Perusahaan TIC, IDSurvey Terus Lakukan Transformasi Korporasi

Direktur Utama IDSurvey, Arisudono Soerono
Sumber :
  • Dok. IDSurvey

Jakarta, VIVA – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai Lead Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey konsisten dalam mewujudkan Global Top 20 perusahaan Testing, Inspection and Certification (TIC) pada 2029. Hal ini dibahas dibahas dalam Rapat Kerja 2024 Pembahasan RKAP 2025 dengan mengusung tema transformasi menuju keunggulan bisnis berkelanjutan. 

BTN Catat Penyaluran Kredit Kredit Naik 13,05 Persen hingga Agustus 2024

Rapat ini dihadiri oleh Komisaris Utama BKI, Lathifah Shohib bersama seluruh jajaran direksi, para SVP, para VP, serta seluruh kepala unit produksi BKI. Dalam rapat ini, didskusikan rencana bisnis untuk masa yang akan datang serta membantu pengambilan keputusan yang sesuai untuk pengembangan bisnis yang berkelanjutan.

Komisaris Utama BKI Lathifah Shohib mengatakan, dewan komisaris berharap seluruh insan BKI mampu meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara divisi, kantor pusat, hingga kantor cabang yang ada di seluruh daerah di Indonesia.

Pacu Transparansi BUMN, Brantas Abipraya Terapkan Vendor Management System

“Kolaborasi yang positif tentunya menjadi salah satu faktor penentu dalam pencapaian-pencapaian target pada tahun ini maupun kedepan yang dapat dikatakan cukup challenging di era TUNA (Turbulency, Uncertainty, Novelty, and Ambiguity)," ujarnya seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Senin, 23 September 2024.

Dirut IDsurvey Arisudono.

Photo :
  • Dokumentasi IDSurvey.
IDSurvey Jajaki Kolaborasi Baru dan Perluas Jaringan di Industri Batu Bara

Transformasi korporasi ke depannya diharapkan mampu menjadi salah satu instrumen penting bagi PT BKI selaku Induk Holding BUMN Jasa Survei untuk menjadi motor penggerak utama mengantarkan IDSurvey menjadi Holding yang Unggul dalam Bisnis dan Berkelanjutan. 

"Semua insan PT BKI diharapkan dapat memiliki visi yang sama dan berkomitmen untuk bersama-sama mencapai keunggulan dan pertumbuhan bisnis perusahaan”, ujar Komisaris Utama BKI.

Rapat yang berjalan selama dua hari tersebut membahas strategi untuk RKAP 2025 dalam mendukung pemerintah dalam membangun masa depan Indonesia yang inklusif dan tumbuh berkelanjutan. Adapun tema strategis Kementerian BUMN pada 2024 antara lain pelopor ekonomi hijau, inovator teknologi digital, pendukung infrastruktur berkelas dunia, dan pemimpin inklusi sosial.

Direktur Utama BKI, Arisudono Soerono mengatakan bahwa pentingnya the three lines of defense model. Ini secara umum penting untuk mengoptimalisasi pemanfaatan shared resources dalam IDSurvey group. BKI sebagai lead disebut perlu melakukan penyederhanaan jumlah indikator KPI dan peningkatan bobot kinerja penting secara signifikan sebagai insentif untuk pencapaiannya. 

Serta penentuan rasio produktivitas surveyor & inspector, pengaturan kebutuhan resource dalam upaya pencapaian EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) dan Laba bersih dengan tetap menjaga efektivitas Belanja Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), serta penyelesaian piutang. 

Pembahasan dilaksanakan secara cermat dan selaras dengan Rancangan RJPP 2025-2029 serta Pedoman Perencanaan Strategis BUMN tahun 2024-2034 yang kemudian akan difinalisasi menjadi Draf Satu RKAP 2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya