Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Taspen Genjot Kompetensi SDM

Layanan Khusus Taspen.
Sumber :
  • Dokumentasi Taspen.

Jakarta, VIVA – PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen menyelenggarakan pelatihan PPID Awareness 2024 kepada sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Pelatihan ini diberikan sebagai komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, termasuk dalam hal keterbukaan informasi. 

Taspen Pastikan Akses Layanan Maksimal Jangkau Wilayah Terluar Indonesia, Begini Caranya

Corporate Secretary Taspen, Henra mengatakan pelatihan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada seluruh Insan Taspen terkait pengelolaan informasi publik melalui materi-materi yang disampaikan. 

"Kami berharap dapat menjadi panduan bagi Insan Taspen untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam pengelolaan informasi yang dapat semakin memperkuat posisi Taspen sebagai badan publik yang informatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," ujar Henra dalam keterangannya Senin, 23 September 2024.

Berstandar Tinggi, Inovasi dan Layanan Cinema XXI Dapat Pengakuan Dunia

Taspen

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Adapun materi pelatihan PPID Awareness 2024 mencakup beberapa aspek penting terkait keterbukaan informasi publik. Peserta diberikan pemahaman mendalam mengenai regulasi melalui Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan peraturan pelaksanaannya. 

Andal by Taspen Mulai Bisa Digunakan Januari 2025, Integrasi Data Dilakukan

Selain itu, mereka dibekali dengan tata cara pengelolaan informasi, termasuk bagaimana menerima, memproses, dan memberikan informasi publik dengan benar, tepat waktu, dan sesuai regulasi. 

Pelatihan juga memperkenalkan sistem informasi yang digunakan di Taspen untuk mengelola informasi publik serta memberikan pengetahuan mengenai mekanisme penyelesaian sengketa informasi jika terjadi di kemudian hari.

Sementara itu, Tenaga Ahli Komisi Informasi Pusat(KIP), Tya Tirtasari menyampaikan bahwa kegiatan PPID Awareness ini memiliki dampak yang sangat positif, terutama bagi masyarakat.

Layanan Toos Taspen.

Photo :
  • Dokumentasi Taspen.

"Ini merupakan langkah maju dalam mewujudkan prinsip-prinsip keterbukaan informasi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Pelatihan ini tidak hanya memperkuat kapasitas Insan Taspen dalam mengelola informasi publik tetapi juga memastikan bahwa Taspen dapat memenuhi standar transparansi yang tinggi, meningkatkan akuntabilitas, dan mendukung hak masyarakat untuk memperoleh informasi secara efisien," katanya. 

Taspen sendiri telah mencatatkan prestasi yang signifikan dalam hal keterbukaan informasi dari tahun ke tahun, salah satunya meraih penghargaan 'Most Consistent Keterbukaan Informasi Publik' pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024. 

Selain itu, selama dua tahun berturut-turut (2022-2023), Taspen juga berhasil mendapatkan predikat sebagai Lembaga Publik Kategori Informatif dari KIP. Prestasi ini merupakan hasil dari upaya berkelanjutan TASPEN dalam memberikan pelayanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan. Melalui kegiatan PPID Awareness 2024, TASPEN semakin memperkuat komitmennya untuk mempertahankan reputasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya