Airlangga Usul Insentif Rp 1 Triliun untuk Daerah yang Berhasil Percepat Digitalisasi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengusulkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani agar mengalokasikan insentif fiskal kepada daerah yang berhasil percepat digitalisasi di daerahnya.

Waduh! Anak Buah Jokowi Sebut Baru 30 Persen ASN Melek Digital

Airlangga mulanya menyinggung terkait Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pernah yang meminta insentif kepada daerah yang berhasil mengendalikan inflasi. Untuk itu, Airlangga pun meminta agar insentif itu diberikan kepada daerah yang berhasil melakukan percepatan digitalisasi.

"Bu dulu katanya Pak Mendagri mintanya Rp 100 dikasih Rp 1 triliun Bu. Sekarang, tapi itu belum termasuk insentif TP2DD. Jadi hari ini Pak Tomsi (Sekjen Kemendagri) enggak minta, tapi saya yang minta Bu, dinaikkan saja Rp 1 triliun pembagiannya sama, yaitu setahun tiga kali atau setiap empat bulan," ujar Airlangga dalam acara Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Hotel Kempinski, Jakarta, Senin, 23 September 2024.

Mengurangi Konsumsi Kertas dengan Format Digital

Ilustrasi digitalisasi.

Photo :
  • Pixabay

Airlangga mengatakan, untuk kinerja Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan inovasi tercatat meningkat bila dibandingkan tahun sebelumnya. 

Minister: EV Battery Raw Material Factory Can Boost Morowali's Economy

"Pemda yang berpartisipasi ini meningkat dari 90,2 persen menjadi 93,7 persen, jadi sudah 512 Pemda. Kemudian juga peningkatan skornya juga relatif lebih tinggi," jelasnya.

Di sisi lain, Airlangga mengatakan realisasi pajak retribusi di daerah targetnya sudah mencapai 7,91 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

"Kemudian juga sejalan dengan peningkatan realisasi pajak retribusi daerah ini targetnya telah tercapai 7,91 persen secara year on year. Kemudian yang tertinggi ini terjadi di Sulawesi dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua," imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Suku Bunga BI dan The Fed Turun, Airlangga: Sinyal Bagus untuk Ekonomi RI

Airlangga Hartarto mengatakan, pemangkasan suku bunga dari dua bank sentral ini merupakan sinyal bagus bagi perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2024