Tiket Online Ferizy Milik ASDP Sudah Dimanfaatkan 2,38 Juta Pengguna
- VIVA.co.id/Yandi Deslatama (Serang)
Jakarta, VIVA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, sistem tiket online Ferizy hingga Juli 2024 telah digunakan oleh lebih dari 2,38 juta pengguna, dengan total penumpang mencapai 51,6 juta orang.
Vice President Pelayanan Pelanggan ASDP, Windy Sustia Andale mengatakan, selama lebih dari 51 tahun, ASDP terus berinovasi, terutama dalam hal pelayanan publik. Salah satu inovasi terbesar ASDP adalah penerapan sistem tiket online Ferizy pada tahun 2020.
“Ferizy telah membawa perubahan signifikan dalam cara pelanggan membeli tiket, menjadikannya lebih praktis, efisien, dan modern. Hingga Juli 2024, sistem ini telah digunakan oleh lebih dari 2,38 juta pengguna, dengan total penumpang mencapai 51,6 juta orang. Angka ini menunjukkan betapa pentingnya inovasi digital bagi peningkatan kualitas layanan ASDP,” kata Windy dalam keterangannya, Minggu, 22 September 2024.
Tak hanya itu, ASDP juga telah meningkatkan kapasitas dermaga dan memperluas jangkauan platform Ferizy hingga mencakup 39 pelabuhan di seluruh Indonesia. Windy menjelaskan, berdasarkan data Engagement Rate periode Januari hingga Mei 2024, Ferizy mencatat tingkat keterlibatan pelanggan sebesar 71,1 persen.
“Ini menunjukkan peningkatan kepuasan pelanggan yang signifikan, dan kami akan terus berupaya mempertahankan momentum ini ke depannya,” ujarnya..
Di sisi lain, ASDP juga tengah mengadakan Customer Gathering 2024 sebagai rangkaian perayaan Hari Pelanggan Nasional, yang berlangsung pada Kamis, 19 September 2024 di Hotel Mercure Gatot Subroto, Jakarta. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada para pelanggan setia yang terus mendukung transformasi dan inovasi layanan ASDP.
Direktur Keuangan, Teknologi Informasi, dan Manajemen Risiko ASDP Djunia Satriawan, mengatakan tema yang diusung tahun ini adalah 'Bangga Menyatukan Nusantara, Melayani Pengguna Jasa'. Tema ini mencerminkan peran strategis ASDP dalam menjaga konektivitas di Indonesia.
“Tema ini bukan hanya sekadar slogan, tetapi juga cerminan komitmen kami untuk terus menjadi penghubung utama yang memfasilitasi perjalanan antarwilayah di Indonesia, baik secara fisik, emosional, maupun ekonomi. Kami bangga menjadi jembatan yang menyatukan masyarakat dan budaya di seluruh Nusantara,” ujar Djunia.
Acara Customer Gathering ini juga menjadi momentum penting bagi ASDP untuk meluncurkan logo baru Contact Center ASDP 191, yang kini telah bertransformasi menjadi Hay ASDP 191. Logo baru ini membawa konsep layanan yang lebih segar, adaptif, dan ramah terhadap pelanggan. Dengan desain yang merepresentasikan keterhubungan 24 jam, 7 hari seminggu, logo ini menunjukkan komitmen ASDP untuk selalu hadir memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh penjuru Indonesia.
Dalam rangkaian acara, ASDP juga memberikan penghargaan kepada para pengguna setia melalui berbagai kategori, seperti The Most Engaged Audience, The Most Interactive Audience, First Buyer Ferizy, The Most Frequent Retail Customer, Top Spender IFCS, hingga Ferizy Partner of the Year. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi ASDP kepada pelanggan yang telah berkontribusi dalam membangun kesuksesan ASDP selama ini.