BNI Kasih Bukti Terapkan Keuangan Berkelanjutan di Tiap Lini Bisnis

Gedung BNI
Sumber :
  • BNI

Jakarta, VIVA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen menjadi motor penggerak pelaksana keuangan berkelanjutan (sustainable finance) di Indonesia, yang diterapkan dalam setiap lini bisnis perseroan dengan target yang terukur.

Mendag Sebut ESG Keharusan dan Penentu Pertumbuhan Ekonomi Masa Depan

Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah dengan menetapkan target Net Zero Emission (NZE) aktivitas operasional BNI pada 2028, dan pembiayaan pada tahun 2060. Dengan demikian, BNI akan mendorong sejumlah inisiatif baik dari sisi operasional maupun pembiayaan.

BNI juga memiliki perhatian khusus untuk mendorong debitur menuju penerapan ESG, khususnya proses transisi menuju aktivitas usaha yang lebih hijau.

Kelas Menengah Diproyeksi Bakal Lenyap

Untuk itu, BNI menyalurkan Sustainability Linked Loan (SLL) kepada debitur, yang memiliki target sustainability sesuai dengan tujuan SDGs termasuk di dalamnya transisi energi debitur.

BNI.

Photo :
  • Dokumentasi BNI.
Mahasiswa Retas Call Center Bank, Traveloka, Hingga Pinjol

Dengan komitmen tersebut, BNI pun sukses meraih penghargaan dalam ajang Anugerah ESG Republika 2024, untuk kategori Sustainability Reporting. Penghargaan tersebut diraih atas transparansi dan komitmen BNI dalam menyusun laporan keberlanjutan yang mendetail, akurat, dan sesuai dengan standar internasional.

Direktur Risk Management BNI, David Pirzada menyatakan, penghargaan ini menjadi bukti nyata dari kerja keras BNI, dalam membangun kepercayaan masyarakat dan menjalankan bisnis yang berkelanjutan. 

"Penghargaan ini adalah bentuk kepercayaan publik kepada BNI. Kami berterima kasih atas apresiasi ini dan berkomitmen untuk terus menjalankan konsep Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam setiap aspek bisnis BNI," kata David dalam keterangannya, Jumat, 20 September 2024.

Dia menambahkan, penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi BNI untuk terus berkembang, dan memberikan dampak positif bagi lingkungan serta masyarakat.

[dok. Humas BNI]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

"Dengan menerapkan prinsip-prinsip ESG, BNI tidak hanya memperkuat tata kelola perusahaan yang baik, tetapi juga ikut berkontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan di Indonesia," ujar David.

Dia berharap, pencapaian ini dapat menginspirasi perusahaan lain di Indonesia, untuk lebih giat dalam menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam bisnis mereka.

"Kami berharap semakin banyak perusahaan yang tergerak untuk menerapkan ESG guna menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya