Mengenal Program Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI : BRIFINE

Ilustrasi DPLK BRI
Sumber :

VIVA – Tanpa persiapan yang matang, masa pensiun bisa menjadi masa yang penuh tantangan. Bayangkan harus terus bekerja di usia senja karena kekurangan dana atau harus mengandalkan bantuan orang lain. Jangan biarkan hal ini terjadi pada Anda. Simak informasi mengenai Asuransi pensiun BRI, yang dapat menjadi salah satu pilihan anda guna memastikan masa depan finansial yang lebih baik.

Apa Itu Saham? Pelajari Fungsi dan Keuntungannya di Sini

Apa itu Dana Pensiun Lembaga Keuangan BRI?

Asuransi pensiun BRI adalah solusi yang dirancang oleh bank BRI untuk membantu nasabah mempersiapkan masa pensiun dengan lebih tenang dan terjamin. Produk ini memungkinkan nasabah untuk menabung secara berkala, baik bulanan maupun tahunan, dengan tujuan membangun dana pensiun yang akan dicairkan ketika mereka memasuki usia pensiun. 

Nikmati Hari Tua dengan Tenang: Siapkan Dana Pensiun Sekarang

Selain berfungsi sebagai tabungan, asuransi pensiun BRI juga menawarkan perlindungan asuransi jiwa, sehingga apabila terjadi risiko seperti meninggal dunia sebelum usia pensiun, keluarga nasabah akan tetap mendapatkan manfaat finansial. 

Dalam produk ini, BRI memberikan fleksibilitas bagi nasabah untuk memilih besaran premi sesuai dengan kemampuan finansial masing-masing. Dana yang terkumpul akan dikelola oleh tim profesional BRI melalui investasi yang diharapkan bisa memberikan pertumbuhan optimal. 

Cara Tarik Saldo Pluang ke E-Wallet? Cairkan Profit dari Pluang!

Nasabah juga dapat memilih berbagai jenis program yang disediakan, seperti program pensiun reguler yang memberikan tunjangan sesuai iuran, atau program pensiun dengan investasi untuk potensi pertumbuhan dana yang lebih besar. Program yang dirancang yaitu BRIFine (BRI Future Invesment). Ini merupakan produk dana pensiun yang ditawarkan oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Secara sederhana, BRIFINE adalah sebuah program yang dirancang untuk membantu nasabah BRI menabung untuk masa pensiun. Dana yang disetorkan secara berkala akan diinvestasikan dalam berbagai instrumen keuangan yang dipilih secara profesional, dengan tujuan untuk tumbuh seiring waktu.

Jenis-Jenis Program BRIFINE 

1. Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP)

Program Pensiun Iuran Pasti BRI merupakan program tabungan jangka panjang yang dirancang khusus untuk mempersiapkan masa pensiun. Dalam program ini, peserta secara rutin menyisihkan sebagian penghasilannya untuk diinvestasikan. 

Dana yang terkumpul akan dikelola secara profesional oleh BRI dan diharapkan tumbuh seiring waktu. Saat peserta memasuki masa pensiun, dana yang telah terkumpul beserta hasil investasinya dapat diambil secara sekaligus atau bertahap sebagai sumber pendapatan tambahan. 

PPIP cocok bagi Anda yang ingin memiliki kendali penuh atas dana pensiun Anda dan memiliki fleksibilitas dalam memilih jenis investasi.

2. Dana Kompensasi Pasca-Kerja (DKPK)

Dana Kompensasi Pasca-Kerja BRI adalah program yang dirancang untuk memberikan kompensasi kepada karyawan setelah mereka berhenti bekerja. Program ini umumnya diikuti oleh perusahaan-perusahaan besar yang ingin memberikan manfaat tambahan kepada karyawannya. 

Dana yang terkumpul dalam program ini akan dikelola oleh BRI dan digunakan untuk membayar manfaat pensiun kepada karyawan yang memenuhi syarat. DKPK memberikan kepastian finansial bagi karyawan setelah mereka pensiun, sehingga mereka dapat menikmati masa tua dengan lebih tenang.
 

3. Dana Santunan Kesehatan (DSK)

Dana Santunan Kesehatan BRI adalah program yang dirancang untuk memberikan perlindungan finansial bagi karyawan yang mengalami masalah kesehatan. Dana yang terkumpul dalam program ini akan digunakan untuk membiayai biaya pengobatan karyawan, baik sebagai penggantian biaya atau sebagai pembayaran premi asuransi kesehatan.

DSK memberikan ketenangan pikiran bagi karyawan dan perusahaan, karena mereka tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan yang tinggi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Keuntungan yang Ditawarkan 

Dalam program dana pensiun yang ada, Program BRIFine menawarkan beberapa keuntungan, diantaranya:

1. Aman

Pengelolaan dana pensiun BRI dilakukan secara langsung oleh manajemen Bank BRI. Untuk melindungi dana peserta, setiap transaksi dilakukan melalui sistem overbooking, sebuah mekanisme yang menjamin transparansi dan keamanan setiap aliran dana.

2. Akses Luas

Peserta BRIFINE dapat menikmati fleksibilitas dalam mengelola dana pensiun mereka berkat jaringan luas BRI. Baik melalui kantor cabang konvensional maupun layanan perbankan digital, transaksi dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

3. Investasi Beragam dan Prudent

Dalam mengelola dana pensiun peserta, DPLK BRI menerapkan prinsip kehati-hatian yang ketat. Hal ini tercermin dalam penyediaan 5 jenis pilihan investasi serta fitur kombinasi, yang memungkinkan peserta untuk mengatur alokasi dana sesuai dengan profil risiko masing-masing, namun tetap berada dalam kerangka pengelolaan investasi yang prudent.

4. Return Optimal

DPLK BRI membuktikan kemampuannya dalam menghasilkan return yang menarik bagi para pesertanya. Kinerja investasi yang baik ini merupakan hasil dari pengelolaan investasi yang profesional dan pemilihan instrumen investasi yang tepat.

5. Pengelolaan Modern

Anda akan mendapatkan informasi yang jelas dan transparan mengenai perkembangan investasi Anda. Laporan kinerja investasi akan dikirimkan secara berkala, sehingga Anda dapat memantau pertumbuhan dana Anda secara real-time. Selain itu, hasil investasi juga dipublikasikan di berbagai media massa, sehingga Anda dapat dengan mudah memverifikasinya.

6. Berpengalaman

Tim pengelola investasi BRIFine memiliki pengalaman yang luas dalam mengelola portofolio investasi. Mereka menggunakan metodologi yang modern dan teruji untuk mengoptimalkan kinerja investasi. Dengan demikian, Anda dapat yakin bahwa dana Anda dikelola oleh para ahli di bidangnya.

7. Transparansi

Informasi kinerja investasi diperbarui secara berkala melalui media cetak dan daring. Pembaruan ini memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang tren pasar, performa portofolio, serta potensi keuntungan atau risiko yang mungkin dihadapi investor. Dengan memanfaatkan informasi yang selalu diperbarui ini, para investor dapat membuat keputusan yang lebih baik dan strategis dalam mengelola aset mereka.

BRI menawarkan solusi untuk kebutuhan dana pensiun Anda. Dengan BRIFINE, Anda tidak hanya menabung, tetapi juga berinvestasi secara cerdas. Selain itu, BRIFINE menawarkan  keamanan dana, fleksibilitas dalam memilih investasi, dan potensi pertumbuhan. Kunjungi website dplk.bri.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Investasi Properti

Investasi Properti: Rahasia Sukses Investasi Real Estate Menurut Robert Kiyosaki

Investasi Properti: Bagaimana membangun kekayaan melalui real estate. Temukan strategi sukses dan langkah-langkah untuk memulai investasi properti yang menguntungkan!

img_title
VIVA.co.id
23 September 2024