World Expo 2025 Osaka, RI Bakal Pamer Potensi Ekonomi Energi Terbarukan hingga Smart City

Pembangunan Paviliun Indonesia di Osaka, Jepang.
Sumber :
  • Dokumentasi Bappenas.

Jakarta, VIVA – Indonesia terus berupaya untuk mempererat hubungan bilateral dengan berbagai negara, termasuk Jepang, Hal tersebut dilakukan salah satunya guna menggenjot kerja sama ekonomi ke depannya.

Tok! DPR Setujui APBN Tahun Pertama Prabowo-Gibran Jadi Undang-undang

Komitmen tersebut salah satunya diwujudkan dalam gelaran Jak-Japan Matsuri 2024, yang diselenggarakan di Jakarta pada 14 dan 15 September 2024. Acara itu menjadi acara yang strategis untuk mempererat hubungan budaya antara Jepang dan Indonesia serta sekaligus mempromosikan World Expo 2025 yang akan digelar di Osaka, Jepang.

Acara tahunan ini semakin istimewa dengan hadirnya maskot resmi World Expo 2025 Osaka, Myaku-Myaku, yang tampil untuk pertama kalinya di Indonesia. Kehadiran Myaku-Myaku di Jak-Japan Matsuri bukan hanya untuk mempromosikan persahabatan antar kedua negara, tetapi juga menjadi ajang untuk memperkenalkan World Expo 2025 yang akan mempromosikan potensi ekonomi Indonesia di dunia.

Kunjungan ke Jawa Tengah, Jokowi Resmikan Kongres Ikatan Sarjana Ekonomi Hingga Jalan Tol

Myaku-Myaku maskot resmi World Expo 2025 Osaka

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Indonesia sendiri akan mengusung tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future”, di mana paviliun Indonesia akan menampilkan berbagai inisiatif keberlanjutan. Seperti teknologi hijau dan energi terbarukan, pengembangan smart city, infrastruktur berkelanjutan, serta kemajuan di industri kreatif.

Jurus Pandawa Agri Terapkan Pertanian Berkelanjutan

“Selain penampilan dari Myaku-Myaku, pada booth World Expo 2025 Osaka, telah hadir juga maskot resmi Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka, Tumtum, yang akan tampil merepresentasikan Tanah Air di panggung global," ujar Vivi Yulaswati, Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam di Kementerian PPN/ Bappenas.

Tumtum hadir membawa pesan yang kuat tentang identitas bangsa, mulai dari kekayaan tradisi hingga inovasi modern yang diusung dalam setiap detail desainnya. Sehingga tidak hanya sekedar menjadi representasi visual, tapi Tumtum diharapkan bisa mempromosikan kekayaan budaya dan potensi ekonomi kreatif Indonesia kepada dunia internasional.

“Indonesia akan berpartisipasi aktif melalui paviliunnya dengan memamerkan kekayaan budaya dan inovasi teknologi berkelanjutan. Kontribusi ini diharapkan dapat memperkuat hubungan yang sudah terjalin lama antara Indonesia dan Jepang. Karenanya kami sangat antusias untuk berkontribusi dalam Expo ini dan berbagai persiapan juga tengah dilakukan supaya memberikan hasil maksimal pada saat expo nanti,” tutupnya.

Gubernur Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell

Dua Indikator Ini Jadi Alasan Kuat The Fed Pangkas Suku Bunga

The Fed resmi menurunkan tingkat suku bunga sebesar 50 basis poin setelah melakukan pertemuan FOMC pada Rabu waktu AS. Indikator ekonomi bikin The Fed yakin. Apa itu?

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024