Inovasi Layanan Digital, Bank Sinarmas Tekan Biaya hingga Percepat Proses Kredit

Asisten virtual Bank Sinarmas
Sumber :
  • Bank Sinarmas

Jakarta, VIVA – Bank Sinarmas menegaskan komitmennya dalam menggenjot inovasi layanan digital bagi nasabah. Komitmen tersebut ditegaskan dengan pengembangan aplikasi mobile banking SimobiPlus, serta peluncuran Sistem Originasi Pinjaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan otomatisasi proses bisnis end-to-end untuk originasi pinjaman, penilaian kredit, penjaminan, dan persetujuan pinjaman.

Kemenko PMK Anugerahi Penghargaan Atas Aksi Nyata PNM Percepat Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

Direktur Utama Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengatakan, inovasi yang dilakukan pada aplikasi mobile banking SimobiPlus tersebut sebagai wujud menjaga kepercayaan nasabah dan sebagai upaya untuk terus melakukan peningkatan kualitas aplikasi.

“Pengembangan pada aplikasi SimobiPlus sebelumnya telah mencakup beberapa pengembangan lainnya seperti: pembukaan rekening online, transaksi QRIS, pembayaran tagihan, dan manajemen aset,” ujar Frenky dikutip dai keterangannya, Kamis, 19 September 2024.

Cara BRI agar Tak Salah Hapus Utang UMKM Petani hingga Nelayan yang Ditetapkan Pemerintah

ilustrasi bank.

Photo :

Sementara itu, Sendy, Direktur IT & Digital Experience Bank Sinarmas menjelaskan, dengan inisiatif pengembangan ini, Bank Sinarmas telah berhasil meningkatkan volume total transaksi dan nilai total transaksi masing-masing sebesar 15 persen dan 51 persen pada April 2024.

BNI Tegaskan Integrasi Layanan Digital Perbankan Bisa Tingkatkan Inklusi Keuangan Masyarakat

“Seiring dengan kemajuan dalam pembaruan SimobiPlus tersebut, pencapaian kami hingga saat ini menunjukkan bahwa kami terus berusaha memberikan produk dan layanan terbaik bagi para nasabah,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pengembangan pada Sistem Originasi Pinjaman UMKM dirancang untuk memungkinkan Bank Sinarmas dalam melakukan otomatisasi proses akuisisi kredit, mulai dari input data prospek melalui aplikasi mobile. Kemudian, proses penilaian pinjaman, penilaian risiko otomatis hingga otomatisasi alur kerja persetujuan untuk menyetujui atau menolak aplikasi pinjaman UMKM.

Diluncurkan pada Januari 2024, pengembangan ini merupakan kombinasi antara aplikasi seluler dan aplikasi berbasis web yang memanfaatkan pendekatan alur kerja yang dirancang khusus untuk mendukung pemrosesan aplikasi kredit yang diperlukan oleh bank. Sistem ini digunakan untuk memasukkan data prospek dan melakukan otomatisasi proses penyaringan yang mencakup integrasi dengan sistem pihak ketiga dan penyedia data.

Selain itu, juga dilengkapi dengan mesin penilaian kredit dan risiko otomatis yang memberikan kemampuan untuk melakukan proses analisis kredit secara otomatis. Dengan penerapan sistem otomatisasi ini, Bank Sinarmas telah berhasil mengurangi biaya dan proses manual sebesar 90 persen. Lalu, meningkatkan akurasi keputusan pinjaman melalui penilaian kredit otomatis dan mengurangi SLA untuk kecepatan pemrosesan pinjaman sebesar 75 persen.

Atas kinerja pengembangan digital itu, Bank Sinarmas pun raih dua penghargaan dalam Indonesia Technology Excellence Awards 2024 yang digelar di Bangkok. Dua kategori penghargaan yang berhasil diraih adalah Indonesia Technology Excellence Awards 2024 for Mobile-Banking for SimobiPlus Revamp dan Indonesia Technology Excellence Award for Automation- Banking for MSME Loan Origination System.

Ilustrasi pembayaran QRIS.

SeaBank Catat Perputaran Uang Harian Tembus Rp 3 Triliun, Pertumbuhan Nasabah Kian Moncer pada Kuartal-III 2024

 Laporan keuangan SeaBank pada kuartal-III 2024 menunjukkan jumlah perputaran transaksi harian mencapai Rp 3 triliun, baik dana keluar maupun masuk. Ini penyebabnya!

img_title
VIVA.co.id
15 November 2024