IDSurvey Jajaki Kolaborasi Baru dan Perluas Jaringan di Industri Batu Bara

Batu Bara dari site BUMI, PT Kaltim Prima Coal, Sangatta, Kalimantan Timur.
Sumber :
  • Dok. BUMI

Jakarta, VIVA – Holding BUMN Jasa Survei, IDSurvey melalui anak perusahaannya, Sucofindo, dan Surveyor Indonesia hadir di acara Coaltrans Asia 2024 yang diselenggarakan di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali. Sebagai salah satu penyedia jasa survei terkemuka, IDSurvey memanfaatkan kesempatan di acara ini untuk memperluas jaringan industri, menjalin kolaborasi baru, memahami tren yang ada, serta tantangan yang dihadapi di sektor batu bara.

United Tractors Cetak Pendapatan Rp 64,5 Triliun di Semester I-2024

Direktur Hubungan Kelembagaan IDSurvey, Andry Tanudjaja mengatakan Coaltrans Asia 2024 merupakan acara industri batu bara yang paling berpengaruh secara skala global. 

"Acara ini berfokus pada inovasi, keberlanjutan, dan teknologi dalam industri pertambangan dan perdagangan batu bara, sekaligus sebagai panggung bagi para pelaku industri untuk berbagi pengetahuan dan menjalin kerja sama," katanya dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis, 19 September 2024.

Indonesia Jadi Negara Penghasil Emisi Karbon Terbesar, Target Net Zero Emission Terkendala Ini

IDSurvey di acara Coaltrans Asia.

Photo :
  • Dok. IDSurvey

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Indonesia bertekad mencapai nol emisi karbon dengan rencana yang jelas untuk mempercepat dekarbonisasi. Profil emisi Indonesia didominasi oleh sektor ketenagalistrikan dan transportasi.

Transjakarta Bakal Tambah Armada 500 Bus Listrik Akhir Tahun Ini

Listrik menduduki peringkat pertama sekitar 42 persen dan transportasi sekitar 23 persen. Data itu menurut data emisi karbon dioksida dari pembakaran berdasarkan sektor pada tahun 2021. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia merumuskan rencana untuk melakukan dekarbonisasi berdasarkan profil emisi.

"Ya, caranya dengan decarbonize the grid [dekarbonisasi listrik], jadi mengurangi ketergantungan batu bara dan membangun energi terbarukan dan transmission. Lalu, electrify transportation [mengelektrifikasi trnasportasi], clean up industries [membersihkan industri dari emisi], melindungi dan meremajakan alam, serta menyerap kelebihan karbon dari atmosfer melalui CCS [penangkapan dan penyimpanan karbon]," ujar Luhut saat Coaltrans Asia 2024.

Selama upaya dekarbonisasi, Luhut menyebut pemerintah Indonesia menangkap bahwa setiap negara memiliki cara yang berbeda. Dengan demikian, tidak semua negara bisa menerapkan solusi dari negara maju. 
Serta, berharap Coaltrans Asia 2024 membuahkan hasil. 

"Acara  ini merupakan acara penting yang dapat membantu meningkatkan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia dan dunia," katanya.

Acara ini turut dihadiri oleh Direktur Hubungan Kelembagaan IDSurvey, Direktur Layanan Sumber Daya Alam PT Sucofindo, dan Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia.

Selama acara, IDSurvey, melalui Sucofindo dan Surveyor Indonesia menyediakan Executive Lounge yang di mana para peserta acara bertemu dengan tim dari IDSurvey untuk berkonsultasi, mengidentifikasi, dan merancang solusi yang tepat untuk berbisnis bersama ke depannya. Selain itu, IDSurvey juga memperkenalkan layanan-layanan inovatif yang ada untuk memenuhi kebutuhan industri batu bara yang terus berkembang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya