Menperin Agus Ajak Ketum Kadin Anindya Bakrie Kolaborasi Susun Roadmap Industri Manufaktur

Pertemuan Ketum Kadin dengan Menperin RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Novian Bakrie turut menyambangi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita usai resmi terpilih menjadi ketua umum Kadin Indonesia yang baru. Kunjungan Anindya Bakrie dilakukan pada Kamis 19 September 2024.

Diundang Anindya Bakrie, Mendag Siap Hadir Sarasehan Kadin Indonesia

Pertemuan tersebut berlangsung di ruang kerja Menperin RI yang turut didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin serta Staf Khusus Menteri. Anindya Bakrie hadir bersama dengan Wakil Ketua Umum Bidang Perindustrian Bobby Gafur Umar, Ketua Umum Kadin Lampung Muhammad Kadafi, dan Anggota Dewan Pertimbangan Nita Yudi.

Dalam pertemuan tersebut, diawali dengan ucapan selamat dari Agus Gumiwang kepada Anindya Bakrie setelah resmi terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia yang baru.

Terima Kunjungan Anindya Bakrie, Menperin: Hey Brother, Ketua Umum Kadin!

"Kepada Ketua Umum dan Pengurus Kadin Indonesia yang baru, kami menyampaikan ucapan selamat atas selesainya Munaslub yang menghantarkan Pak Anindya Bakrie sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2024-2029,” ujar Agus Gumiwang dalam keterangannya, Kamis 19 September 2024.

[dok. Istimewa]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya
Mendag Zulkifli Hasan Akui Anindya Bakrie Ketua Umum Kadin Indonesia

Agus menjelaskan bahwa Kemenperin RI menaruh harapan besar bisa bekerja sama dengan Kadin Indonesia. Sebab, tujuannya untuk membangun industri manufaktur Indonesia ke depan. 

Bahkan, Agus kepada Anindya Bakrie mengatakan, ke depannya bisa melakukan kolaborasi dalam perumusan peta jalan atau roadmap bagi pembangunan industri manufaktur lima tahun ke depan.

“Oleh karena itu untuk membangun roadmap tersebut, dalam waktu dekat disepakati akan ada pertemuan antara Kemenperin dengan Kadin Indonesia, dan melibatkan seluruh asosiasi industri binaan Kemenperin,” kata Agus.

Agus mengungkapkan, berbagai kerja sama antara Kemenperin dengan Kadin Indonesia akan terus didorong agar semakin optimal dan sejalan dengan Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional atau RIPIN.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan waktu Menperin menerima jajaran pengurus Kadin Indonesia. “Terima kasih kepada Pak Menteri atas kesediaannya menerima kami sebagai Ketua Kadin Indonesia yang baru. Dalam kesempatan tadi, kami melaporkan hasil Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia yang diselenggarakan pada Sabtu (14/9) lalu di Jakarta,” ujar Anindya.

Ketua Umum Kadin Indoneisa Anindya Bakrie dan Menperin Agus Gumiwang.

Photo :
  • Dokumentasi Kemenperin.

Kerja sama antara kedua pihak dirasakan manfaatnya oleh para pelaku industri. Menperin menyebutkan, kerja sama tersebut meliputi antara lain pengembangan program hilirasi industri mineral, gas bumi, kelapa sawit, kakao, dan kelapa. 

Selanjutnya, terkait dengan penguatan dan perlindungan industri dalam negeri seperti kebijakan TKDN guna pendalaman struktur industri dalam negeri, penerapan standar nasional Indonesia (SNI), peningkatan kapasitas industri kecil dan menengah (IKM) komponen untuk masuk dalam rantai pasok industri otomotif, pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) industri, pengembangan industri hijau, pemberdayaan industri halal, serta bentuk kerja sama lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya