KTP Dipinjam Teman untuk Pinjaman Online, Siap-siap Dampak Buruk Mengintai!

Ilustrasi KTP.
Sumber :
  • VIVA/Agus Setiawan

Jakarta, VIVA – Pengajuan pinjaman online terkenal dengan persyaratannya yang mudah dan sederhana. Salah satunya yakni mengunggah Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang merupakan salah satu dokumen penting untuk mengajukan pinjaman online.

8 Aplikasi Pinjaman Online Limit Besar, Ada yang Bisa Cair hingga Rp100 Juta

KTP ini berfungsi sebagai identifikasi resmi yang membuktikan identitas dan kewarganegaraan peminjam. Selain itu, dokumen ini juga berfungsi untuk memastikan bahwa peminjam memenuhi syarat-syarat administratif yang ditetapkan oleh layanan pinjaman online.

Namun, penting untuk menyadari bahwa KTP juga rentan disalahgunakan. Beberapa oknum mungkin memanfaatkan dokumen ini untuk mengajukan pinjaman online tanpa sepengetahuan atau izin pemiliknya. Bahkan, bisa juga melibatkan orang-orang terdekat seperti teman atau kerabat.

Pakai Pinjaman Online untuk Dana Pendidikan, Apa Bijak?

Jika Anda mendapati bahwa teman meminjam KTP Anda untuk mengajukan pinjaman online, Anda perlu mengetahui risiko-risiko berikut:

1. Menanggung Beban Utang Orang Lain

Pakai Dana Pinjaman Online untuk Modal Usaha, Bikin Untung Atau Buntung?

Ilustrasi Kredit Online.

Photo :

Ketika KTP Anda digunakan untuk mengajukan pinjaman, Anda secara tidak langsung dapat menanggung beban utang tersebut, meski Anda tidak turut menikmatinya. Jika teman Anda tidak dapat membayar utangnya, Anda mungkin saja bertanggung jawab atas utang tersebut.

2. Berpotensi Mengganggu Skor Kredit Anda

Utang yang terdaftar atas nama Anda, meskipun bukan Anda yang meminjam, dapat memengaruhi skor kredit Anda. Skor kredit yang buruk ini dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendapatkan pinjaman atau kredit di masa depan.

3. Ditagih Debt Collector Karena Utang Orang Lain

Ilustrasi pria cek ponsel

Photo :

Jika utang tidak dibayar tepat waktu, Anda bisa mendapatkan tagihan dari debt collector. Hal ini bisa sangat merepotkan dan membuat Anda stres.

4. Berpotensi Menciptakan Masalah Keuangan Baru

Jika teman Anda tidak membayar pinjaman atau utang mereka, maka Anda lah yang mungkin menghadapi masalah keuangan baru, termasuk denda atau bunga tambahan yang tentunya dapat menambah beban finansial Anda.

5. Merusak Hubungan

Terakhir, yang tak kalah membuat stres adalah, masalah finansial yang timbul akibat penyalahgunaan KTP dapat merusak hubungan pribadi Anda dengan teman atau kerabat. Ketegangan dan ketidakpercayaan bisa muncul dan mempengaruhi hubungan jangka panjang.

Nah, demi menghindari masalah tersebut, sebaiknya Anda selalu berhati-hati dalam meminjamkan dokumen penting, seperti KTP. Jika Anda merasa dokumen Anda disalahgunakan, maka segera hubungi pihak berwenang atau lembaga keuangan terkait untuk melaporkan penyalahgunaan dan melindungi hak Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya