Ekonom Prediksi BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan di 6,25 Persen

ilustrasi suku bunga
Sumber :
  • Adri Prastowo

Jakarta, VIVA - Ekonom memproyeksikan Bank Indonesia (BI) akan kembali menahan suku bunga acuannya atau BI Rate di level 6,25 persen. Hal ini seiring dengan hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang akan disampaikan pada hari ini Rabu, 18 September 2024. 

Menerawang Seberapa Besar The Fed Pangkas Suku Bunga

Ekonom Makro Ekonomi dan Pasar Keuangan di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI, Teuku Riefky mengatakan pemotongan suku bunga oleh BI belum terlalu mendesak untuk dilakukan di bulan ini. 

"Oleh sebab itu, kami berpandangan bahwa BI perlu menahan suku bunga acuannya di 6,25 persen pada Rapat Dewan Gubernur September ini," ujar Riefky dalam laporannya, Rabu, 18 September 2024. 

BI Prediksi The Fed Bakal Pangkas Suku Bunga Tiga Kali Tahun Ini

Gedung Bank Indonesia

Photo :
  • Dok. VIVA.co.id

Riefky menuturkan, dengan hampir pastinya pemotongan suku bunga acuan oleh the Fed, Indonesia dan negara berkembang lainnya terdampak positif dengan adanya arus modal masuk dan penguatan mata uang. 

Pede Rupiah Bakal Terus Menguat, Gubernur BI Bandingkan dengan Rupee hingga Won

Lebih lanjut, tingkat harga domestik di Indonesia juga sedang mengalami tren disinflasi. Kombinasi ini dari berlanjutnya penguatan rupiah dan perlambatan inflasi membuka ruang gerak BI untuk memotong suku bunga acuan dalam rangka meningkatkan permintaan agregat dan pertumbuhan sektor riil. 

Tetapi sejauh ini jelas Riefky, tingkat inflasi masih dalam koridor target BI dan masih adanya potensi berbaliknya arus modal asing keluar dari Indonesia. 

"Mempertimbangkan kedua hal tersebut, pemotongan suku bunga oleh BI belum terlalu mendesak untuk dilakukan di bulan ini," imbuhnya. 

Riefky menilai, dengan penundaan pemotongan suku bunga acuan ini juga berpotensi menguntungkan posisi BI. Sebab ruang gerak BI lebih lebar dalam melakukan pelonggaran moneter di sisa tahun ini apabila dibutuhkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya