Bursa Asia Dibuka Menguat Terkerek Kenaikan Pasar Saham AS

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi China.
Sumber :
  • TheRichest.com

Asia, VIVA – Bursa Asia-Pasifik menghijau saat pembukaan pasar pada Selasa pagi, 17 September 2024. Kenaikan mayoritas indeks menyusul sesi perdagangan di Wall Street yang perkasa dipimpin lompatan Dow Jones Industrial Average.

Dibuka Menghijau, IHSG Berpotensi Terkoreksi Usai BI dan The Fed Pangkas Suku Bunga Acuan

Kinclongnya indeks acuan di Wall Street mendapat sentimen positif dari sikap  para investor menantikan keputusan The Fed perihal siklus pelonggaran moneternya. The Fed diperkirakan akan mengumumkan pemangkasan suku bunga pertamanya sejak Maret 2022.

Pasar terbagi menjadi dua kelompok besar tentang besarnya pemangkasan bunga acuan AS, yakni 25 poin atau 50 poin. Pertemuan The Fed pembahasan  kebijakan direncanakan berlangsung selama dua hari yang dimulai Selasa ini.

Bursa Asia Kinclong Usai The Fed Pangkas Suku Bunga, Indeks Jepang Pimpin Kenaikan

Data penjualan ritel AS menjadi pusat perhatian saat investor memantau kesehatan konsumen menjelang pertemuan The Fed. Sementara itu, pelaku pasar di Asia tengah memelototi laporan ekspor domestik non migas Singapura pada bulan Agustus. 

Gubernur Federal Reserve (The Fed), Jerome Powell

Photo :
  • Twitter.com/@federalreserve
IHSG Diprediksi Perkasa Dibayangi Koreksi, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

Analis memprediksi akan terjadi kenaikan 15 persen dari tahun lalu. Data menunjukkan kemerosotan 3,3 persen dari bulan sebelumnya 

Selain itu,  harga grosir India untuk bulan Agustus yang diperkirakan naik 1,85 persen  tahun ke tahun. Angka ini lebih dingin dibandingkan pencapaian pada bulan Juli sebesar 2,04 persen. 

Dikutip CNBC pada Selasa (17/9/2024) produsen peralatan rumah tangga asal China, Midea Group, dijadwalkan memulai debutnya melantai di bursa Hong Kong dengan harga saham sebesar 54,80 dolar Hong Kong per saham. IPO Midea Group diprediksi menjadi terbesar dalam lebih dari tiga tahun terakhir. 

Beberapa pasar di kawasan Asia masih tutup untuk merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur, yaitu Korea Selatan, Tiongkok daratan, dan Taiwan. Pasar Jepang sudah kembali bertransaksi pada hari Selasa setelah ditutup karena hari libur umum pada hari Senin.

Sebagian besar indek di kawasan Asia beragam sementara Wall Street menunjukkan penguatan pada pagi ini. Indeks S&P/ASX 200 Australia naik tipis sebesar 0,15 persen pada pembukaan bursa.  

Nikkei 225 Jepang turun 0,22 persen dan Topix sedikit berubah. Indeks Hang Seng Hong Kong berada pada level 17.425 atau  sedikit lebih tinggi dari penutupan terakhir HSI di level 17.422,12.

Di AS,  Dow Jones Industrial Average menguat 0,55 persen ke rekor tertinggi baru  ke level 41.622,08.  Kenaikan juga melanda S&P 500 yang naik 0,13 persen dan berakhir pada 5.633,09.

Jika momentumnya bertahan, indeks berbasis luas tersebut dapat mencetak rekor tertinggi baru pada pekan ini. Nasdaq Composite anjlok 0,52 persen dan berakhir menjadi 17.592,13, imbas terbebani kemerosotan saham teknologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya