Ditetapkan Jadi Ketua Umum, Anindya Bakrie Tegaskan Tak Ada 2 Kadin

Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie, Sarasehan Kadin Bersama Menkumham
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) 2024-2029, Anindya Novan Bakrie mengatakan bahwa tidak ada dua Ketum dalam satu organisasi.

Ketum Kadin Daerah Harap Semua Pihak Legowo Terima Hasil Munaslub

Hal itu disampaikan Anindya pada wartawan saat menjawab apakah nantinya akan ada kedua Ketum Kadin, karena pemilihannya dianggap ilegal oleh Ketua Umum sebelumnya Arsjad Rasjid.

"Tidak ada dua (Ketum) Kadin. Dari dulu dan sekarang, dan tentunya ke depannya," kata Anindya usai menghadiri acara Formatur Saresahan Munaslun Kadin, di Menara Kadin, Jakarta, Minggu, 15 September 2024.

Profil Arsjad Rasjid, Eks Ketua TPN Ganjar-Mahfud yang Dilengserkan dari Ketum Kadin Lewat Munaslub

Ketua Umum Kadin Anindya Bakrie, Sarasehan Kadin Bersama Menkumham

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

"Kadin DA adalah satu-satunya wadah dunia usaha dalam undang-undang," sambungnya.

Bantah Isu Kudeta, Munaslub Kadin Ditegaskan Sesuai AD/ART

Anindya pun membuktikan pemilihannya secara sah dengan menghadirkan Menteri Hukum dan Ham (Menkumham) Supratman Andi Agtas, dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

"Inilah alasan Pak Ketua MPR, Pak Menkumham hadir. Karena kita memikirkan ke depan. Tanggal 25 September, bahkan 19 September, sudah akan disahkan budget APBN 2024. Lalu 1 Oktober Perlemen anggota-anggotanya sudah akan dilantik."

Sebelumnya, Anindya menjelaskan bahwa proses pemilihan Ketum Kadin melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang dilakukan oleh Kadin daerag dan asosiasi.

"Munaslub ini adalah inisiatif dari Kadin daerah dan juga asosiasi, yang kita sebut Anggota Luar Biasa, jadi mereka lah panitia, menentukan forum, persidangan, dan hasilnya, yang sesuai AD/ART (Kadin Indonesia)," kata Anin kepada wartawan usai menghadiri Formatur Sarasehan Munaslub Kadin, di Menara Kadin, Jakarta, Minggu, 15 September 2024.

Anindya juga menekankan bahwa hasil pemilihan Ketum Kadin dilakukan secara terbuka. Bahkan, beberapa media menayangkannya secara live.

"Dan kemarin sudah berjalan, bahkan beberapa media live, yang bisa dilihat sendiri. Semua yang dilakukan itu sesuai dengan AD/ART, dan saya mendapat amanah menjadi Ketua Umum (Kadin) 2024-2029," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Anindya Novyan Bakrie secara resmi ditunjuk sebagai ketua umum terpilih Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) untuk periode 2024-2029 melalui forum Musyawarah Luar Biasa (Munaslub).

Anindya terpilih secara aklamasi dalam forum munaslub yang dihadiri oleh 21 pengurus Kadin Provinsi dan 25 Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin.

Anindya Bakrie Terpilih Menjadi Ketua Umum Kadin

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Maka secara kuorum saudara Anindya Bakrie terpilih secara meyakinkan sebagai ketua umum periode 2024-2029," ujar Nurdin Halid selaku pimpinan sidang forum Munaslub di The St. Regis, Jakarta, Sabtu, 14 September 2024.

Keputusan forum tersebut sontak disambut oleh seluruh peserta forum munaslub yang hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya