5 Syarat Wajib agar Pinjaman Online Cepat Cair, Calon Debitur Wajib Tahu!

Ilustrasi belanja online pakai Paylater
Sumber :
  • Kredivo

Jakarta, VIVA – Pinjaman online kerap dianggap sebagai solusi keuangan ketika membutuhkan dana yang mendesak. Kemudahan akses, proses yang cepat, serta tanpa memerlukan jaminan, menjadikan layanan pinjaman online menjadi pilihan.

Pakai Dana Pinjaman Online untuk Modal Usaha, Bikin Untung Atau Buntung?

Tak sedikit orang yang mengandalkan pinjaman online ketika membutuhkan dana cepat. Misalnya, untuk memenuhi kebutuhan medis, biaya sekolah, atau renovasi rumah.

Namun, meskipun banyak aplikasi yang menawarkan pinjaman online cepat cair, tidak semua pengajuan bisa langsung disetujui. Sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh calon debitur agar pengajuan pinjaman bisa berjalan lancar dan dana bisa segera cair.

Ajukan Pinjaman Online Harus Pakai KTP, Apa Aman?

Mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi, akan membantu Anda menghindari penolakan saat pengajuan pinjaman online. Berikut syarat-syarat yang perlu diperhatikan agar pengajuan pinjaman online cepat cair:

1. Riwayat Kredit Bagus

Mengenal Skor Kredit yang Bisa Pengaruhi Pengajuan Pinjaman Online, Seberapa Penting Sih?

Perlu diketahui, lembaga penyedia pinjaman akan selalu memeriksa riwayat kredit Anda sebelum menyetujui pengajuan. Jika Anda memiliki catatan kredit yang buruk, seperti pernah gagal bayar atau terlambat membayar cicilan, maka pengajuan Anda berisiko ditolak. Nah, maka itu, pastikan Anda memiliki riwayat kredit yang bersih agar pinjaman cepat cair.

2. Dokumen Lengkap dan Jelas

Ilustrasi KTP.

Photo :
  • VIVA/Agus Setiawan

Dokumen yang tidak lengkap atau tidak jelas bisa memperlambat proses verifikasi. Pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP, slip gaji, dan dokumen pendukung lainnya dengan kualitas foto yang jelas. Ini akan memudahkan pihak pinjaman online dalam memproses pengajuan Anda.

3. Punya Rekening Atas Nama Sendiri

Penyedia pinjaman online hanya akan mencairkan dana ke rekening yang sesuai dengan nama peminjam. Jika rekening yang digunakan berbeda dengan nama peminjam, proses pengajuan bisa terhambat atau bahkan ditolak. Jadi, pastikan Anda menggunakan rekening pribadi dengan nama yang sama di KTP.

4. Punya Pekerjaan dan Penghasilan Tetap

Lembaga pinjaman online biasanya akan memeriksa apakah Anda memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mampu membayar cicilan tepat waktu. Penghasilan tetap memberikan kepercayaan kepada penyedia pinjaman bahwa Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam membayar cicilannya.

5. Nomor Ponsel Mudah Dihubungi

Pastikan nomor ponsel yang Anda gunakan aktif dan mudah dihubungi. Penyedia pinjaman online akan menggunakan nomor ini untuk menghubungi Anda selama proses verifikasi. Jika nomor Anda sulit dihubungi, proses pencairan dana bisa tertunda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya