Transjakarta Bakal Tambah Armada 500 Bus Listrik Akhir Tahun Ini

Bus listrik VKTR.
Sumber :
  • Dokumentasi VKTR.

Jakarta, VIVA – Direktur Operasional dan Keselamatan PT Transjakarta Daud Joseph menyampaikan rencana badan usaha daerah tersebut untuk secara bertahap melakukan pengadaan bis listrik. Sebanyak 500 bus listrik baru akan ditambah menjadi armada Transjakarta hingga akhir tahun ini.

TransJakarta to Add 500 More Electric Buses This Year

"Akhir tahun ini PT Transjakarta akan menambah unit 500 bis baru, yang terdiri atas bis besar, bis medium dan microtrans atau kecil. Semuanya akan berupa bis listrik," ujar Daud di Jakarta, dikutip Jumat, 13 September 2024.

Diketahui pada 2022, PT Transjakarta untuk pertama kali mengoperasikan bis listrik dan menemukan bahwa biaya pengoperasian bis listrik dibandingkan dengan bis berbasis solar kurang lebih sama.

Pemprov Jakarta Minta Polisi Terapkan Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta

Bus listrik TransJakarta

Photo :
  • TransJakarta

Ia mengatakan pengalaman mengoperasikan 100 bis listrik pertama telah mengajarkan PT Transjakarta bahwa biaya produksi dan pemeliharaan bis listrik menjadi semakin efisien dan semakin terjangkau.

Ada Konser Bruno Mars, TransJakarta Koridor 14 dan 14A Perpanjang Jam Operasional Pukul 12 Malam

“Harapannya dengan lebih banyak orang beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum yang nol emisi, kita bisa sama-sama atasi masalah pencemaran udara,” ungkapnya.

Bus Transjakarta 11W melintas di kawasan JIEP, Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Lis Yuliawati

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marvest Rachmat Kaimuddin menilai,  ekspansi dan elektrifikasi kendaraan umum merupakan kunci penanganan polusi udara terutama di Jakarta.

"Transjakarta kan sangat besar dan penting bagi kita semua. Perannya sangat sentral dalam mengendalikan polusi udara di Jakarta," ujar Rachmat. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya