Mengapa Generasi Milenial dan Gen Z Lebih Pilih Bank Digital? Ini Alasannya

Ilustrasi Gen Z
Sumber :
  • BRINK – News

Jakarta, VIVA – Generasi milenial dan Gen Z saat ini semakin mendominasi dalam penggunaan layanan perbankan digital. Dibandingkan dengan bank konvensional, bank digital menawarkan berbagai keuntungan yang sesuai dengan gaya hidup mereka yang serba cepat, praktis, dan berbasis teknologi. Lalu, apa alasan utama yang membuat kedua generasi ini lebih memilih bank digital?

Begini Cara Dapat Bunga Deposito Tambahan dari Allo Bank

Alasan Generasi Milenial dan Gen Z Lebih Pilih Bank Digital

Ilustrasi bank digital.

Photo :
  • Pixabay/kreatikar
100 Tahun Sumpah Pemuda, Maharya Ajak Gen-Z Mengenang dan Berkarya

1. Kemudahan dan Aksesibilitas

Generasi milenial dan Gen Z terbiasa dengan segala sesuatu yang bisa diakses secara cepat dan mudah melalui smartphone. Bank digital memungkinkan mereka membuka rekening, memeriksa saldo, hingga melakukan transfer kapan saja tanpa harus pergi ke kantor cabang. Hanya dengan beberapa kali klik di aplikasi, segala kebutuhan finansial mereka bisa terpenuhi, yang sesuai dengan kebutuhan akan layanan serba instan.

Analisis Pakar tentang Langkah Cak Imin Tunjuk Anak Muda Jadi Ketua Harian PKB

2. Biaya Lebih Rendah

Salah satu daya tarik besar bank digital adalah biaya administrasi yang lebih rendah atau bahkan nol biaya bulanan. Hal ini sangat menguntungkan bagi milenial dan Gen Z yang cenderung lebih selektif dalam pengeluaran. Dengan penghematan dari sisi biaya, mereka dapat lebih fokus pada pengelolaan keuangan dan menabung lebih banyak tanpa khawatir adanya biaya tambahan yang tak diinginkan.

3. Fitur Canggih dan Inovatif

Generasi ini menyukai fitur-fitur modern yang memudahkan pengelolaan keuangan. Bank digital menawarkan berbagai inovasi, seperti tabungan otomatis, analisis pengeluaran, dan investasi mudah melalui aplikasi. Semua fitur tersebut membantu mereka mengatur keuangan lebih efisien tanpa harus repot.

4. Terintegrasi dengan E-Commerce dan Dompet Digital

Generasi milenial dan Gen Z adalah pengguna aktif platform e-commerce dan dompet digital. Bank digital sering kali terhubung dengan layanan-layanan tersebut, sehingga memudahkan mereka untuk melakukan pembayaran online, top-up saldo dompet digital, hingga belanja di marketplace dengan cepat dan praktis. Integrasi ini sangat sesuai dengan gaya hidup mereka yang dinamis dan mobile.

5. Keamanan dan Kepercayaan

Meski tanpa kantor fisik, bank digital tetap diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hal ini memberikan rasa aman bagi generasi muda yang paham teknologi dan sering kali merasa lebih nyaman dengan layanan berbasis aplikasi yang memiliki keamanan berlapis, seperti verifikasi biometrik atau OTP.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, tak heran jika milenial dan Gen Z lebih memilih bank digital sebagai solusi perbankan modern. Mereka mencari kemudahan, efisiensi, dan inovasi yang ditawarkan oleh bank digital untuk memenuhi kebutuhan finansial mereka di era teknologi ini.

Asisten virtual Bank Sinarmas

Inovasi Layanan Digital, Bank Sinarmas Tekan Biaya hingga Percepat Proses Kredit

Bank Sinarmas menegaskan komitmennya dalam menggenjot inovasi layanan digital bagi nasabah.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024