Kapan Pembatasan BBM Subsidi Diberlakukan? Menteri Bahlil Ungkap Kabar Terbaru

Antrean BBM pertalite
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA – Pemerintah masih menggodok rencana pengaturan dan pengetatan pembelian BBM bersubsidi, supaya benar-benar bisa tersalurkan bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkannya.

Bahlil Bantah Bos AirAsia soal Harga Avtur RI Termahal di ASEAN

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia mengaku, upaya pengaturan BBM subsidi itu saat ini masih dalam pembahasan Pemerintah. Karenanya, Bahlil pun menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada aturan untuk membatasi pembelian BBM subsidi tersebut.

"Menyangkut BBM subsidi, kita sekarang masih dalam pembahasan aturannya. Jadi, belum ada aturan itu dan belum ada yang diterapkan," kaya Bahlil di kawasan DPR RI, Senayan, Jakarta, dikutip Jumat, 13 September 2024.

Terpopuler: Daya Beli Mobil Orang RI, Innova Tetap Rajai Pasar

ilustrasi harga BBM dan SPBU Pertamina (dok: Pertamina)

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Karena aturannya masih diproses oleh pemerintah, maka Bahlil pun memastikan bahwa dalam beberapa pekan ke depan kebijakan soal pengetatan pembelian BBM subsidi itu belum akan dilaksanakan.

Daftar Harga Pangan 12 September 2024: Bawang hingga Gula Naik

"Jadi biar clear ya, masih dalam pembahasan. Saya pikir dalam waktu 1-2 minggu ini belum ada," ujarnya.

Dengan demikian, Bahlil meminta agar jangan sampai ada spekulasi terkait pelaksanaan kebijakan pembatasan BBM subsidi itu. "Jadi jangan dulu berspekulasi apa-apa, aturannya masih dibahas," kata Bahlil.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) , Bahlil Lahadalia

Photo :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Dia menegaskan bahwa kebijakan terkait pembatasan pembelian BBM bersubsidi itu akan diumumkan oleh pemerintah, apabila aturan yang melandasinya sudah benar-benar rampung.

"Semuanya nanti kita umumkan. Yang jelas, BBM ini diberikan kepada yang berhak menerima subsidi, tepat sasaran," ujar Bahlil.

"Jangan orang seperti saya atau Pak Agus (Gumiwang) yang dikasih BBM subsidi dong, enggak fair. Kita harus kasih kepada saudara-saudara kita yang memang layak untuk mendapatkan," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya