Organisasi Pangan Dunia FAO Dukung Target RI Swasembada Pangan

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Direktur Jenderal (Dirjen) Food and Agriculture Organization (FAO) Qu Dongyu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Direktur Jenderal (Dirjen) Food and Agriculture Organization (FAO) Qu Dongyu mendukung Indonesia untuk mencapai target mencapai swasembada pangan dalam waktu dua sampai tiga tahun ke depan.

Perusahan Qatar Tertarik Investasi di RI Dukung Program Makan Bergizi Gratis Prabowo

Hal ini disampaikannya saat bertemu dengan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dalam acara Welcome Dinner G-20 Agriculture Ministerial Meeting di Hotel Malai Manso, Brasil.

“Kami sangat mengapresiasi Indonesia dan akan terus mendukung sehingga Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dalam waktu dua sampai tiga tahun yang akan datang,” ujar Qu Dongyu dalam keterangannya Kamis, 12 September 2024.

Mentan Amran Pecat Direktur di Kementan usai Ketahuan Main Mata dengan Calo Proyek

Pertemuan Mentan Amran dengan Dirjen FAO Qu Dongyu merupakan kali kedua pada tahun ini, setelah sebelumnya Qu Dongyu sempat bertandang ke Indonesia pada 30 Agustus 2024 lalu.

Presiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Kementan Bantah Tudingan Amran Punya Kepentingan dalam Bersih-bersih Calo Proyek Pengadaan

Saat itu, Qu Dongyu secara langsung menyerahkan penghargaan tertinggi FAO Agricola Medal kepada Presiden RI Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta. Mentan Amran turut hadir mendampingi Presiden Jokowi. 

Menurut Qu Dongyu, Indonesia menunjukkan perkembangan pesat dalam transformasi sistem pertanian dengan mengimplementasikan prinsip pengembangan pertanian berkelanjutan. 

Penghargaan Agricola Medal menjadi bukti dari upaya Indonesia dalam mewujudkan ketahanan pangan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik, tanpa ada satupun warga yang terabaikan.

“Indonesia telah menunjukkan kerjasama dan kolaborasi yang kuat dalam mencapai tujuan kita bersama di bidang ketahanan pangan global,” jelas Qu Dongyu.

Menyambut apresiasi yang disampaikan oleh Qu Dongyu, Mentan Amran pun lantas menyampaikan capaian-capaian terakhir terkait upaya mencapai swasembada pangan, termasuk rencananya untuk bekerjasama dengan negara-negara di dunia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya