Bapanas Siapkan Jejaring Suplai untuk Program Makan Bergizi Gratis

Makan Bergizi Gratis di SMPN 2 Curug, kab Tangerang
Sumber :
  • Antara

Jakarta, VIVA - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyebut, pihaknya  telah mempersiapkan jejaring penyuplai dan distribusi dalam ekosistem pangan yang dapat diintegrasikan guna menunjang pelaksanaan Program Makan Bergizi Gratis (MBG). 

Ojol Bagikan Momen Antar Makan Siang Bergizi ke Sekolah: Janji Prabowo Sedang Dijalankan

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) memiliki andil yang signifikan terhadap keberhasilan berbagai program pemerintah yang bertalian dengan intervensi urusan pangan. Sehingga penguatan stok CPP yang diampu oleh BUMN pangan terus diupayakan oleh pihaknya.

"Bapanas telah mempersiapkan jejaring penyuplai dan distribusi dalam ekosistem pangan yang dapat diintegrasikan guna menunjang pelaksanaan program MBG, sehingga memenuhi ekspektasi yang ditetapkan," kata Arief dalam keterangannya Rabu, 11 September 2024.

Penjelasan Wakil Mentan Sudaryono Soal Susu Ikan di Program Makan Bergizi Gratis Prabowo

Arief menuturkan, pihaknya pun akan menyiapkan strategi untuk memitigasi kemungkinan terjadinya situasi fluktuasi pangan. Hal ini dilakukan dengan terus memastikan ketercukupan dan ketersediaan pasokan pangan pokok strategis bagi masyarakat secara umum.

“Selama ini kolaborasi Badan Pangan Nasional bersama dengan asosiasi pelaku usaha dan pengelola pasar tradisional dan modern telah terbentuk dengan baik. Kita harap jejaring sinergis ini mampu terus menjaga stabilitas pangan dan bisa berpadu dengan Badan Gizi Nasional sebagai pihak pelaksana program MBG. Badan Pangan Nasional siap mendukung dan berkolaborasi secara intensif,” imbuhnya.

Perusahan Qatar Tertarik Investasi di RI Dukung Program Makan Bergizi Gratis Prabowo

Adapun penguatan stok CPP selama ini dilaksanakan oleh Perum Bulog dan ID FOOD dengan terus mendahulukan melalui penyerapan produksi dalam negeri. Namun tatkala produksi dalam negeri terdapat defisit antara produksi dan kebutuhan konsumsi bulanan, demi menjaga harga domestik agar tidak melonjak, terpaksa dilakukan pengadaan dari luar negeri. Itu juga pemerintah selalu laksanakan secara terukur tanpa mempengaruhi harga di tingkat produsen.

Sampai minggu pertama September, Bulog telah melaksanakan pengadaan beras asal dalam negeri sebanyak 854 ribu ton. Jika dibandingkan total pengadaan beras dalam negeri periode yang sama di tahun 2023 terdapat peningkatan 0,56 persen.

Untuk pengadaan komoditas jagung pakan asal dalam negeri, Bulog telah merealisasikan sebanyak 84 ribu ton untuk stok Cadangan Jagung Pemerintah (CJP). Pengadaan dalam negeri lainnya oleh Bulog antara lain minyak goreng 53 ribu kilo liter, gula konsumsi 25 ribu ton, daging ayam 1,6 ribu ton sampai telur ayam 441 ton.

Lebih lanjut, ID FOOD dalam melaksanakan program bantuan pangan untuk penanganan stunting di tahun ini, dipastikan menyalurkan paket telur dan daging ayam hasil peternak dalam negeri. Bantuan pangan kepada total 1,4 juta keluarga di 7 provinsi selama 3 bulan tersebut juga menjadi instrumen pemerintah dalam membantu penyerapan hasil peternak unggas lokal. Per 9 September, bantuan pangan sebanyak 2.630.776 paket untuk alokasi 3 bulan telah berhasil disalurkan.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Said Abdullah

Banggar DPR soal Anggaran Rp 10 Miliar Buat Sosialisasi Program Makan Bergizi Gratis

Banggar DPR RI menyetujui penambahan anggaran Kemenkominfo sebesar Rp 10 miliar di tahun anggaran 2025 untuk sosialisasi program makan bergizi gratis.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024