Penggunaan Paylater Terus Bertumbuh, Makin Banyak Warga RI Berutang untuk Belanja?

Ilustrasi belanja online pakai Paylater
Sumber :
  • Kredivo

Jakarta, VIVA – Layanan Buy Now Pay Later (BNPL) atau lebih dikenal sebagai paylater, kini semakin diminati masyarakat Tanah Air. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), porsi produk kredit BNPL perbankan mencapai 0,24 persen.

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Artinya, ada pertumbuhan yang sangat signifikan. Per Juli 2024, baki debet kredit BNPL meningkat 36,66 persen secara year-on-year (yoy), mencapai Rp18,01 triliun. Jumlah rekening yang menggunakan paylater pun juga bertambah menjadi 17,90 juta, meningkat dari 17,48 juta pada Juni 2024.

Pertumbuhan ini tidak hanya terjadi di sektor perbankan, tetapi juga di sektor pembiayaan lainnya. Pembiayaan BNPL oleh perusahaan pembiayaan (PP), tercatat mengalami peningkatan tajam sebesar 73,55 persen yoy, dengan total pembiayaan mencapai Rp7,81 triliun pada Juli 2024. Tak hanya itu, risiko kredit pada sektor ini juga menunjukkan perbaikan, dengan rasio kredit bermasalah (NPF) turun menjadi 2,82 persen dibandingkan 3,07 persen pada bulan sebelumnya.

Kasus Dugaan Korupsi CSR dari BI dan OJK Diusut KPK

Sebagaimana diketahui, paylater memang menawarkan kemudahan membeli barang dan jasa tanpa membayar langsung. Nah, seperti halnya pinjaman online yang menawarkan kemudahan, namun tetap saja ada risiko jika tidak digunakan secara bijak.

Apalagi, meningkatnya penggunaan paylater juga bisa menjadi tanda bahwa masyarakat semakin bergantung pada utang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Sebab itu, jika tidak diatur dengan baik, maka bisa memicu masalah keuangan.

OJK Cabut Izin Usaha BPR Nature Primadana Capital, Begini Nasib Nasabahnya

Nah, karena itu, sangat penting bagi masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan layanan paylater. Sebab, paylater bisa menjadi fitur yang membantu jika digunakan dengan bijak, tetapi jika tidak, maka bisa menjadi beban finansial Anda di masa depan.

5 Tips Bijak Menggunakan Paylater

Pembayaran Lazada paylater

Photo :
  • Kredivo

Berikut beberapa tips bijak menggunakan paylater:

1. Memahami Cara Kerja Paylater

Sebelum menggunakan paylater, pastikan Anda memahami cara kerjanya, termasuk mengetahui biaya bunga, denda keterlambatan, dan biaya administrasi. Setiap layanan paylater biasanya memiliki aturan yang berbeda, jadi penting untuk mengetahui detailnya sebelum bertransaksi.

2. Cek Limit dan Waktu Jatuh Tempo

Selalu cek limit penggunaan paylater dan pastikan Anda bisa membayar cicilan tepat waktu. Keterlambatan pembayaran, bisa membuat Anda terkena denda yang cukup besar.

3. Jangan Tergoda untuk Foya-foya

Meskipun paylater memberi akses mudah untuk membeli barang, jangan tergoda untuk menggunakan layanan ini secara berlebihan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan. Saat menggunakan paylater, selalu prioritaskan kebutuhan daripada keinginan Anda.

4. Atur Limit Penggunaan

Beberapa layanan paylater menyediakan fitur untuk mengatur limit penggunaan. Manfaatkan fitur ini agar Anda tidak menggunakan layanan secara berlebihan dan tetap bisa mengendalikan pengeluaran.

5. Manfaatkan Promo dan Cashback

Layanan paylater biasanya menawarkan promo dan cashback menarik. Manfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan tanpa menambah beban keuangan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya