IHSG Sesi I Merosot Usai Sentuh Level Tertinggi, Intip 5 Saham Sukses Melesat

Ilustrasi papan saham IHSG.
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Jakarta, VIVA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turun tipis ketika menutup sesi I perdagangan bursa, Rabu siang, 11 September 2024. IHSG melemah usai menyentuh rekor tertinggi (all time high).

Saham Adaro Energy Moncer Seiring Kabar Pelepasan Anak Usaha

IHSG tergelincir 7,82 poin atau 0,10 persen ke level 7.753. Pergerakan indeks di papan Bursa Efek Indonesia sempat menyentuh area 7.753 sebagai rekor tertinggi baru (ATH) pada intraday.

Kondisi ini terjadi karena sejumlah sektor saham kompak mengalami koreksi. Mulai dari sektor konsumer primer, industri, infrastruktur, energi, kesehatan, hingga material dasar.

Dibuka Menghijau, IHSG Diprediksi Bakal Kembali Menguat

Setidaknya lima sektor saham mampu mencatat kenaikan sehingga penurunan indeks tidak semakin curam. Sektor saham tersebut meliputi sektor properti, keuangan, konsumer non primer, teknologi dan transportasi.

IHSG Menguat Lanjutkan Tren Positif, Intip Rekomendasi Saham Potensial Cuan

Di samping itu, beberapa emiten berhasil bergerak lebih tinggi selama sesi perdagangan pagi hingga siang hari. Dari enam, ada tiga saham yang sukses mencatat auto reject atas (ARA).

5 Saham Kinclong Selama Sesi I

PT Multipolar Technology Tbk (MLPT)

Saham MLPT mencetak ARA usai melonjak 25 persen ke level 3.600. Saham MLPT membuka bursa di posisi 3.050. 

Emiten terbang menuju area 3.600 tak lama setelah perdagangan di mulai. Setelah itu, bergerak datar sampai akhir sesi I selesai.

PT Fortune Mate Indonesia Tbk (FMII)

Ilustrasi grafik properti.

Photo :
  • Freepik

Saham FMII juga mencatat ARA dengan melesat 24,41 persen menjadi 316. Posisi saham FMII saat membuka pasar di level 292 yang naik tipis menjadi 304.

Emiten kemudian tergerus cukup dalam ke area 256 tetapi mampu bangkit kembali (rebound) perlahan ke level 274 dan naik lagi menjadi 316. Saham FMII melanjutkan pasar dengan bergerak relatif landai.

PT Green Power Group Tbk (LABA)

Saham LABA tak ketinggalan sukses meraih ARA setelah melesat 24,56 persen menjadi 710. Saham LABA membuka bursa pada level 486 yang langsung naik drastis menuju area 670.

Emiten menunjukkan grafik tren kenaikan sampai intraday hingga menyentuh angka 710. Setelah itu bergerak lurus sampai akhir sesi I.

PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (LIFE)

Ilustrasi asuransi di Indonesia

Photo :
  • Asuransi Roojai

Saham LIFE menguat 19,80 menjadi 6.050. Saham LIFE membuka pasar pada posisi 5.975. Kemudian, naik tipis tak lama setelah pembukaan pasar dan bergerak datar sampai sesi I ditutup.

PT Grand House Mulia Tbk (HOMI)

Kenaikan mengesankan juga dicatatkan saham HOMI sebanyak 27 persen menjadi 254. Emiten cenderung menunjukkan tren kenaikan dengan beberapa penurunan tipis. 

Saham HOMI berhasil mencapai level 262 sebagai posisi tertinggi. Sayang, setelah itu turun menjadi 246 lalu rebound menjadi 256. Saham HOMI turun tipis tepat sebelum penutupan pasar. 

Artikel ini telah tayang di InvestorTrust.id dengan judul, "Usai Sentuh 7.802, IHSG Sesi I Berakhir Turun, Saham MLPT, FMII, dan LABA Cetak ARA."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya