Makin Diminati, Ini 7 Keuntungan Pakai Paylater Dibanding Pinjol

Paylater.
Sumber :
  • Tokopedia

Jakarta, VIVA – Dalam beberapa tahun terakhir, fitur Buy Now Pay Later (BNPL) atau lebih dikenal dengan paylater, semakin populer di tengah masyarakat Indonesia. Tren tersebut terlihat dari angka pembiayaan perusahaan penyedia layanan paylater.

5 Tips Memilih Pinjaman Online Legal Terdaftar di OJK, Anti Terlilit Utang!

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, pembiayaan di perusahaan-perusahaan penyedia layanan paylater, kini mencapai Rp 7,81 triliun. Sebagaimana diketahui, paylater adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja sekarang dan membayar nanti tanpa memerlukan kartu kredit.

Di sisi lain, penggunaan pinjaman online atau fintech P2P lending juga terus meningkat, dengan outstanding pembiayaan pada Juli 2024 mencapai 23,97 persen year-on-year (yoy), senilai Rp 69,39 triliun. Meskipun pinjaman online juga menawarkan akses cepat ke dana tunai, ada beberapa keuntungan paylater yang menarik minat masyarakat untuk menggunakannya. Apa saja sih?

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Ilustrasi belanja online pakai Paylater

Photo :
  • Kredivo

Berikut ragam keunggulan paylater dibandingkan pinjaman online:

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Syariah, Bisa Langsung Cair?

1. Bisa belanja tanpa kartu kredit

Seperti yang disebutkan tadi, paylater memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa perlu memiliki kartu kredit, yang biasanya memerlukan proses pengajuan lebih rumit.

2. Proses pengajuan cepat

Tidak seperti pinjaman online yang mungkin memerlukan beberapa verifikasi dan waktu pencairan, paylater justru menawarkan proses pengajuan yang instan, dan langsung bisa digunakan saat berbelanja.

3. Transaksi aman karena terhubung dengan e-commerce

Paylater sering kali terintegrasi dengan platform e-commerce, sehingga keamanan transaksi lebih terjamin karena diawasi oleh sistem yang sudah mapan.

4. Limit bisa mencapai belasan hingga puluhan juta

Dengan penggunaan yang baik, limit paylater bisa terus bertambah dari beberapa juta, hingga puluhan juta. Ini tergantung pada riwayat transaksi Anda.

5. Nikmati berbagai promo dan cashback

Pengguna Paylater seringkali mendapatkan keuntungan tambahan berupa promo dan cashback. Ini biasanya tidak ditawarkan oleh pinjaman online.

6. Pilihan tenor dan biaya cicilan yang transparan

Tenor pembayaran paylater biasanya lebih fleksibel dan disertai dengan informasi biaya cicilan yang transparan sejak awal, sehingga pengguna tahu berapa rupiah yang akan dibayarkan.

7. Tidak ada tekanan

Paylater dirancang untuk transaksi pembelian, sehingga pengguna biasanya tidak menghadapi tekanan seperti ketika meminjam dana di pinjaman online. Sebagaimana diketahui, pihak pinjaman online biasanya melibatkan debt collector untuk menagih.

Tips Bijak Belanja Menggunakan Paylater

Ilustrasi online shop, belanja online.

Photo :
  • freepik


1. Gunakan untuk kebutuhan penting saja

Meskipun paylater memudahkan bertransaksi, pastikan untuk menggunakan layanan ini hanya untuk kebutuhan yang mendesak, bukan untuk pengeluaran konsumtif.

2. Pahami syarat dan ketentuan

Sebelum menggunakan Paylater, baca dengan teliti syarat dan ketentuan, termasuk mengenai biaya administrasi, bunga, dan tenor pembayaran.

3. Atur batas pengeluaran

Tetapkan batas penggunaan Paylater agar tidak terlilit utang yang besar dan sulit untuk dilunasi di kemudian hari.

4. Bayar cicilan tepat waktu

Terakhir, yang sangat penting, hindarilah keterlambatan pembayaran agar tidak terkena biaya denda yang jumlahnya cukup besar dan tentunya bisa meningkatkan total cicilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya