Rupiah Pagi Ini Menguat ke Rp 15.428 per Dolar AS

Lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Jakarta, VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu, 11 September 2024. Rupiah tercatat menguat sebesar 27 poin atau 0,17 persen ke posisi Rp 15.428 per dolar AS. 

Rupiah Perkasa ke Rp 15.352 per Dolar AS, Ini Pemicunya

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, mematok rupiah di angka Rp 15.447 per dolar AS. 

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra memperkirakan nilai tukar rupiah akan bergerak konsolidasi terhadap dolar AS pada hari ini. 

Rupiah Menguat Terdorong Pemangkasan Suku Bunga Bank Sentral Eropa

"Melihat pergerakan rupiah vs dolar AS kemarin yang masih bergerak di bawah kisaran Rp 15.500, kemungkinan pola pergerakan konsolidasi tersebut masih akan terjadi hari ini," ujar Ariston kepada VIVA Bisnis, Rabu, 11 September 2024. 

Rupiah melemah terhadap dolar AS.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU/aa
Rupiah Pagi Ini Melemah ke Level Rp 15.420 per Dolar AS

Ariston menjelaskan, konsolidasi ini masih akan terjadi menjelang data penting ekonomi AS yang akan dirilis malam ini. Data ini diantaranya indikator inflasi dan indeks harga konsumen bulan Agustus.

"Data ini sangat ditunggu pasar untuk menentukan peluang pemangkasan suku bunga acuan AS ke depan," ujarnya. 

Ariston menuturkan, data inflasi AS yang dirilis pekan ini merupakan data inflasi terakhir sebelum pengumuman kebijakan moneter Bank Sentral AS pekan depan.

Sehingga dengan itu, Ariston memperkirakan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan bergerak di kisaran Rp 15.400-Rp 15.500.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya