Jokowi Bakal Groundbreaking di IKN, Berikut Dua Investor Asing yang Masuk

Momen Presiden Jokowi Bersama Prabowo Jalan Santai di Depan Istana Garuda IKN
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Jakarta, VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyelenggarakan serangkaian acara groundbreaking untuk proyek kedelapan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pada kesempatan ini, Jokowi akan meresmikan groundbreaking proyek investasi asing di IKN secara langsung untuk pertama kalinya.

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi mengungkapkan bahwa Jokowi dijadwalkan melakukan rangkaian groundbreaking di Kota Nusantara pada 19-20 September 2024.

"Nanti tanggal 19 atau tanggal 20 itu akan ada rencana groundbreaking di IKN. Ini yang groundbreaking ke-8, dan itu mungkin di antara groundbreaking ada dua groundbreaking yang investasi asing ya," kata Hasan di Kompleks istana kepresidenan pada Selasa, 10 September 2024.

Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

Sambutan Presiden Jokowi saat peletakan batu pertama Bank BTN di IKN

Photo :
  • VIVA.co.id/Jhovanda (Kalimantan Timur)

Hasan menjabarkan ada dua investor dari China dan Australia yang akan merealisasikan investasi asing pertama di IKN. Hal ini menunjukkan kepercayaan pihak swasta untuk berinvestasi di Kota Nusantara.

Ini Arahan Jokowi Saat Ngumpulin Pejabat TNI dan Polri di IKN

"Ada satu dari China, ada satu dari Australia. Jadi ini sudah menunjukkan bahwa kepercayaan swasta itu dan termasuk juga investor asing untuk berinvestasi di IKN sudah kelihatan wujudnya," ucap Hasan Nasbi.

Menurut informasi dari Otorita IKN, investor asing pertama yang akan memulai groundbreaking di IKN adalah Delonix, sebuah perusahaan asal China. Delonix akan membangun sebuah mal, hotel, apartemen, atau kawasan mixed use dengan total investasi sebesar Rp 500 miliar.

Selain itu, Australian Independent School juga akan membangun sekolah di IKN dengan nilai investasi Rp 150 miliar. Dengan demikian, total investasi asing yang akan masuk ke IKN bulan ini mencapai Rp 650 miliar.

Presiden Jokowi (Dok. Istimewa)

Jokowi Ungkap Alasan Lantik Gus Ipul Jadi Mensos Meski Masa Pemerintahannya Tinggal 1,5 Bulan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pelantikan Menteri Sosial definitif sangat penting meskipun masa pemerintahan tersisa kurang dari dua bulan.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024