Momen Jokowi Resmikan Ruas Jalan Tol Sinaksak Sumatera Utara

Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Sumber :
  • Biro Pers Media Istana

Jakarta, VIVA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan sejumlah ruas jalan tol yang dipusatkan di Gerbang Tol Sinaksak, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara. Salah satu ruas jalan yang diresmikan yaitu Jalan Tol Ruas Binjai – Langsa (Seksi 2 Stabat-Tanjung Pura) sepanjang 26,2 km.

"Alhamdulilla hari ini kita resmikan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa (Seksi 2 Stabat – Tanjung Pura) yang dibangun sejak tahun 2020 sepanjang 26,2 km dengan anggaran biaya Rp11,6 triliun," kata Jokowi pada Selasa, 10 September 2024.

Jokowi Akan Pulang ke Solo Usai Pelantikan Prabowo 20 Oktober

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Photo :
  • Biro Pers Media Istana

Kemudian, Jokowi juga meresmikan Jalan Tol ruas Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Seksi 3 dan 4) yang memiliki panjang 45,6 km dan menghabiskan anggaran sebesar Rp6 triliun. Menurut dia, pembangunan jalan tol ini bagian penting dari pemerintah untuk menyelesaikan proyek Jalan Tol Trans Sumatera yang dibangun sejak 2018.

Kata Kapolri Soal Adanya Dugaan Penyelewengan di Acara PON XXI Aceh-Sumut

"Jalan tol ini akan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra sepanjang 2.994 km. Kita harapkan sampai akhir tahun, Jalan Tol Sumatera sudah tembus 1.100 km," ujarnya.

Menurut dia, masyarakat akan merasakan manfaat yang signifikan dengan adanya pembangunan jalan tol di sepanjang koridor Binjai-Langsa serta Tebing Tinggi-Parapat. Dengan beroperasinya jalan tol tersebut, waktu tempuh dari Medan ke Simalungun menjadi lebih singkat.

Ini Arahan Jokowi Saat Ngumpulin Pejabat TNI dan Polri di IKN

"Tadi Pak Bupati Simalungun menyampaikan kalau dulu dari Medan kesini menghabiskan waktu 3,5 sampai 4 jam, sekarang hanya kira-kira 1,5 jam lebih sedikit," jelas dia.

Di samping itu, Jokowi berharap pembangunan infrastruktur jalan tol ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi baru di berbagai daerah Sumatera Utara dan meningkatkan efisiensi sistem logistik, serta daya saing daerah.

"Dan sistem logistik mobilitas orang, mobilitas barang akan semakin cepat sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain," pungkasnya.

Dok. Istimewa

Jokowi Minta Maaf ke Jajaran TNI-Polri, 10 Tahun Pimpin Indonesia Masih Ada yang Kurang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta maaf di hadapan seluruh personel, khususnya pejabat TNI dan Polri seluruh Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
12 September 2024