Terlanjur Terjebak Kredit Macet di Pinjol, Begini Tata Cara Bersihkan Nama di SLIK OJK

Ilustrasi terjerat kredit macet.
Sumber :
  • rumahku.com

Jakarta, VIVA – Pinjaman online memang kerap dianggap sebagai solusi mudah dan cepat untuk mengatasi masalah keuangan. Namun, penggunaan yang tidak bijak justru menciptakan masalah keuangan baru, seperti penumpukan utang hingga kredit macet.

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Sebagaimana diketahui, kredit macet merupakan situasi di mana seorang debitur tidak mampu memenuhi kewajiban pembayaran pinjaman selama jangka waktu tertentu. Hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi riwayat kredit yang tercatat di Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yanh dikelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK), termasuk munculnya kesulitan dalam mengajukan pinjaman baru di masa depan.

Kredit macet tidak hanya merugikan debitur, tetapi juga mempengaruhi sistem keuangan, terutama dalam kasus pinjaman online atau peer-to-peer (P2P) lending. Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tingkat wanprestasi 90 hari (TWP90) pada pinjaman online tercatat sebesar 2,53 persen secara year on year (yoy).

Kasus Dugaan Korupsi CSR dari BI dan OJK Diusut KPK

Meski angka tersebut mengalami penurunan dari tahun lalu yang mencapai 3,47 persen, tetapi masih banyak debitur, terutama dari kalangan milenial dan Gen Z, yang terjebak kredit macet. Faktanya, 37,17 persen kredit macet berasal dari generasi ini, yang berusia antara 19 hingga 34 tahun.

Ini tentunya mempengaruhi kesehatan finansial di masa mendatang. Jika Anda terlanjur mengalami kredit macet, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan nama Anda di SLIK OJK.

OJK Cabut Izin Usaha BPR Nature Primadana Capital, Begini Nasib Nasabahnya

Tata Cara Bersihkan Nama di SLIK OJK

SLIK OJK

Photo :
  • Istimewa

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Cek Nama Anda di SLIK OJK

Langkah pertama untuk memperbaiki status kredit adalah memeriksa nama Anda di SLIK OJK. Ini bisa dilakukan dengan mengunjungi secara daring untuk mengetahui riwayat kredit Anda.

2. Lunasi Utang

Ilustrasi Ibu bayar tagihan

Photo :
  • Shutterstock

Setelah mengetahui status kredit, segera lunasi utang yang masih tertunggak. Prioritaskan pembayaran yang sudah melewati jatuh tempo agar Anda bisa memperbaiki skor kredit Anda.

3. Konfirmasi ke OJK

Setelah melunasi utang, Anda perlu mengonfirmasi pelunasan tersebut ke pihak OJK agar catatan kredit Anda diperbarui. Proses ini penting agar skor kredit Anda membaik, sehingga Anda bisa mengajukan pinjaman di masa mendatang.

4. Pantau Skor Kredit Anda

Setelah itu, jangan lupa untuk terus memantau skor kredit Anda secara berkala. Pastikan tidak ada kesalahan dan riwayat kredit Anda bersih setelah mengalami kredit macet dan menyelesaikan utang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya