Selena Gomez Jadi Miliarder Termuda di AS dengan Jumlah Harta Rp20 Triliun, Intip Sumber Kekayaannya

Selena Gomez
Sumber :
  • Instagram/selenagomez

Jakarta, VIVA – Nama Selena Gomez resmi tercantum dalam daftar miliarder termuda. Ia mendapat gelar prestisius tersebut setelah total kekayaannya mencapai US$1,3 miliar setara Rp20,06 triliun.

Dialami Selena Gomez, Ini Dampak Masalah Mental Pada Kesuburan Wanita Hingga Tak Bisa Hamil

Bloomberg Billionaire Index resmi mencatut nama penyanyi berusia 32 tahun itu masuk jajaran miliarder muda di Amerika Serikat (AS). Ia mengumpulkan pundi-pundi cuan sejak belia.

Dikutip dari Yahoo Finance, Selena Gomez mengaku bukan dari kalangan orang kaya. Ia pernah hidup dalam kemiskinan bahkan sering kehabisan bensin karena tak punya uang.

Kabar Duka: Selena Gomez Harus Rela Tinggalkan Mimpi Punya Anak Kandung

Dengan kekayaan yang ia miliki tak membuatnya lupa diri untuk berbagi dengan sesama. Selena Gomez menyumbangkan 1 persen dari penjualan kosmetiknya ke Rare Impact Fund. Diperkirakan jumlah sumbangan tersebut akan mencapai US$ 100 juta pada tahun 2030.

Selena Gomez Pilih Adopsi karena Masalah Kesehatan yang Membuatnya Sulit Memiliki Anak

“Saya pikir kami telah mampu melakukan sesuatu yang, setidaknya dalam bidang kosmetik, belum pernah dilakukan oleh siapa pun. Itulah yang membuat saya bahagia,” ujar Selena.

1. Aktris

Selena Gomez memulai debut aktingnya di Barney and Friends yang turut melambungkan namanya di industri hiburan AS. Selang lima tahun, mantan kekasih Justin Bieber ini terpilih menjadi peran utama pada serial Disney. 

Kemampuan peran Selena Gomez membuat dirinya dianugerahi penghargaan Emmy Wizards of Waverly Place. Cosmopolitan memperkirakan penghasilan Selena Gomez hasil profesinya sebagai aktris menyumbang sekitar US$3 juta dari total kekayaannya.

2. Penyanyi dan Konser Musik

Taylor Swift dan Selena Gomez

Photo :
  • E! News

Selena Gomez kemudian melebarkan sayap ke industri musik. Diawali dengan membuat grup band pop bernama Selena Gomez & the Scene sebelum akhirnya memutuskan bersolo karier.

Album Stars Dance yang dirilis pada tahun 2013 menjadi hit di AS bahkan menduduki peringkat nomor wahid. Lantas mengangkat nama Selena Gomez sebagai penyanyi wanita terpopuler kala itu. 

Saat ini, Gomez memiliki tiga album, sembilan hit pop yang masuk tangga alu Top 10, 44 single, dan berhasil masuk nominasi Grammy. Fakta menarik bahwa profesinya di panggung hiburan baik penyanyi maupun aktris bukan menjadi sumber utama kekayaan Gomez.

Tur musik Selena Gomez hanya menyumbang kurang dari 5 persen. Penjualan album kurang dari 2 persen. Berbeda dengan sahabatnya, Taylor Swift, yang meraih status miliarder pada Oktober 2023 dari hasil musik dan konsernya.

3. Bisnis Produk Kosmetik

Selena Gomez

Photo :
  • Instagram @selenagomez

Sumber cuan jumbo Selena Gomez berasal dari bisnis produk kosmetik yang sudah berjalan sejak tahun 2020, Rare Beauty. Kepemilikan sahamnya di Rare Beauty berkontribusi sekitar 84 persen atau US$ 1,1 miliar. 

Rare Beauty muncul di saat dominasi pasar industri kecantikan AS berada di tangan Fenty Beauty milik Rihanna dan SKKN milik Kim Kardashian. Gomez lalu memasarkan produk Rare Beauty sebagai make up berkualitas milik selebritis dengan harga terjangkau. 

“Saya benar-benar berusaha sekuat tenaga untuk menciptakan produk terbaik ketimbang sekadar  mencantumkan nama saya saja," ujar Gomez saat wawancara di 102.7 KIIS FM dalam siaran radio tahun 2023.

Banyaknya jumlah pengikut (followers) memudahkan Selena Gomez mengenalkan  berbagai produk Rare Beauty.  Setidaknya ada 14 kategori produk dan 150 item merek saat peluncuran perdana. 

Pengaruh dan nama besar yang dimiliki Selena Gomez dengan cepat membangun loyalitas terhadap merek Rare Beauty. Produk perona pipi cair menjadi yang viral diperbincangkan seluruh beauty enthusiast.

Pada tahun 2023, Rare Beauty membukukan pendapatan US$ 350 juta. Di mana hampir seperlima atau US$ 70 juta dihasilkan dari penjualan blush on

4. Influencer dan Brand Ambassador

Selena Gomez

Photo :
  • Instagram/selenagomez

Selena Gomez memiliki sekitar 424 juta pengikut. Alhasil, ia menempati posisi ketiga sebagai pemilik akun Instagram dengan jumlah pengikut terbanyak setelah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. 

Profesinya sebagai influencer di media sosial turut berkontribusi terhadap kekayaan yang mencapai satu miliar dolar. Selena Gomez diketahui menjadi brand ambassador dari Puma dan Coach dengan bayaran masing-masing US$30 juta dan S$10 juta.

5. Startup Kesehatan Mental

Penyanyi "Come and Get It" juga mempunyai sumber pendapatan dari perusahaan rintisan di bidang kesehatan mental, Wondermind. Selena Gomez membangun bisnis ini bersama sang ibunda.

Pembentukan Wondermind tak lepas dari perjuangannya sebagai pengidap gangguan kesehatan mental, yakni bipolar dan depresi.  Lini bisnis ini menghasilkan  US$ 100 juta pada tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya