Perusahaan RI Banyak yang Sudah Transformasi ke Digital, tapi...

Konferensi Pers Mekari
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Pesatnya perkembangan teknologi saat ini tidak bisa dihindari. Perusahaan di Indonesia telah banyak yang memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan bisnisnya.

Polisi Sebut Perusahaan Animasi di Jakpus Punya 80 Karyawan, Disuruh Kerja Sampai Subuh

Periset Litbang Kompas, Christian Marpaung mengungkapkan berdasarkan survei yang sudah dilakukan, sebanyak 65 persen menyatakan bahwa transformasi digital telah mempermudah pengoperasian dan meningkatkan efektivitas bisnis. 

"Perusahaan-perusahaan di Indonesia ternyata sudah sangat aware, dan mereka menilai ada dampak positif dari transformasi digital dalam pertumbuhan bisnisnya mereka. Kita lihat dari 65 persen ini menyatakan bahwa transformasi digital itu mempermudah pengoperasian dan meningkatkan efektivitas bisnis mereka selama ini," ujar Christian dalam konferensi pers, Selasa, 10 September 2024. 

BNI Masuk Daftar 1.000 Perusahaan Terbaik Dunia 2024

Transformasi digital.

Photo :
  • Pixabay

Kendati demikian, Christian menuturkan bahwa terdapat tiga kekhawatiran yang dihadapi perusahaan dalam menerapkan teknologi. Pertama adalah aspek keamanan data. 

Tata Kelola yang Baik Jadi Bukti Komitmen sebuah Peruasahaan itu Baik

"Kita tahu perusahaan itu banyak data-data yang sifatnya confidential. Jadi mereka mention khawatir kalau kemudian data-data ini kemudian tidak aman gitu ya karena adanya teknologi," ujarnya. 

Kedua, ada pada permasalahan Sumber Daya Manusia (SDM). Perusahaan banyak mengkhawatirkan SDM sulit untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi. 

"Kita tahu teknologi kalau tidak didukung dengan kualitas SDM yang mumpuni juga bisa disalahgunakan. Kemudian, nah ini juga nih 35 persen menyatakan bahwa adopsi terhadap teknologi itu biasanya berbiaya mahal," ujarnya.

Transformasi digital.

Tingkatkan Kualitas Layanan dengan Percepatan Transformasi Digital

Perusahaan terus berupaya meningkatkan kualitas layanan melalui percepatan transformasi digital dengan optimalisasi penyediaan platform digital.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024