Kinerja Penjualan Eceran Agustus Naik, Terdorong Kelompok Budaya dan Rekreasi

Penjualan eceran di Bali meningkat
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maha Liarosh (Bali)

Jakarta, VIVA - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, kinerja penjualan eceran pada Agustus 2024 diprakirakan meningkat. Hal ini tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2024 yang diprakirakan mencapai 215,9 atau tumbuh 5,8 persen secara year on year (yoy). 

BI Ungkap Sulitnya Rekam Transaksi Syariah ke PDB

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, meningkatnya penjualan eceran didorong oleh mayoritas kelompok barang budaya dan rekreasi, diikuti bahan bakar kendaraan bermotor dan subkelompok sandang. 

"Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2024 yang diprakirakan mencapai 215,9 atau tumbuh 5,8 persen yoy," ujar Erwin dalam keterangannya Selasa, 10 September 2024.

BI Soroti Rendahnya Kontribusi Ekonomi Syariah ke Perbankan

Taman Rekreasi Selecta, di Kota Batu

Photo :
  • VIVA/Lucky Aditya

Erwin menjelaskan, secara bulanan penjualan eceran diprakirakan meningkat 1,6 persen secara month to month (mtm), setelah pada bulan sebelumnya mengalami kontraksi 7,2 persen mtm. 

Jurus BI Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pariwisata Berkualitas

"Peningkatan kinerja penjualan eceran tersebut diprakirakan terutama terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, peralatan informasi dan komunikasi, serta perlengkapan rumah tangga lainnya didorong oleh peningkatan permintaan saat event HUT RI didukung penerapan strategi potongan harga oleh retailer," jelasnya. 

Adapun pada Juli 2024, IPR secara tahunan mencatat peningkatan. IPR tercatat 212,4 atau tumbuh sebesar 4,5 persen secara yoy dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatan terutama didorong oleh kelompok makanan, minuman, dan tembakau serta subkelompok sandang, sementara penjualan kelompok suku cadang dan aksesori serta bahan bakar kendaraan bermotor tercatat tetap tumbuh. 

Secara bulanan, penjualan eceran mengalami kontraksi 7,2 persen secara mtm  disebabkan oleh normalisasi permintaan pasca-HBKN Idul Adha. Beberapa kelompok yang masih tumbuh dan menahan penurunan kinerja penjualan eceran yang lebih dalam, yaitu subkelompok sandang dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor, sementara kelompok barang budaya dan rekreasi tercatat tumbuh meski melambat.

Dari sisi harga, tekanan inflasi 3 dan 6 bulan yang akan datang, yaitu pada Oktober 2024 dan Januari 2025 diprakirakan meningkat. 

"Hal ini tecermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Oktober 2024 dan Januari 2025 yang tercatat masing-masing sebesar 141,3 dan 166,7, lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya yang tercatat sebesar 134,5 dan 161,0 sejalan dengan pola historis 3 tahun terakhir," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya