Profil Wahyu Suparyono yang Ditunjuk Erick Thohir Jadi Dirut Bulog Gantikan Bayu Krisnamurti

Wahyu Suparyono yang ditunjuk jadi Dirut Bulog
Sumber :
  • Dok ASABRI

Jakarta, VIVA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir melakukan perombakan di Perum Bulog. Salah satunya yakni pergantian posisi Direktur Utama Perum Bulog, yang sebelumnya Bayu Krisnamurti, digantikan oleh Wahyu Suparyono

Erick Thohir Bakal Usut Tuntas Aksi Pukul Wasit di PON 2024

Menurut keterangan dari Sekretaris Perusahaan Bulog, Arwakhudin Widiarso, pergantian tersebut resmi dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-73/DHK.MBU.A/09/2024. Selain Bayu Krisnamurti, Purnomo Sinar Hadi, yang menjabat sebagai Direktur Human Capital, juga mengakhiri masa tugasnya di Bulog.

"Melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-73/DHK.MBU.A/09/2024, Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurti bersama Purnomo Sinar Hadi sebagai Direktur Human Capital telah menyelesaikan pengabdiannya di Perum Bulog," kata Arwakhudin dalam keterangan resmi, Senin, 9 September 2024.

Profil Tsania Marwa, Ibu 2 Anak yang Sempat Membuat Andre Taulany Jatuh Hati

Sebagai penggantinya, Wahyu Suparyono akan mulai bertugas didampingi oleh Wakil Direktur Utama Marga Taufiq dan Sudarsono Hardjosoekarto sebagai Direktur Human Capital.

Profil Wahyu Suparyono

Profil Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, Pangdam XVI/Pattimura yang Baru

Wahyu Suparyono yang kini jadi Dirut Bulog

Photo :
  • Dok ASABRI

Lantas, siapa sosok Wahyu Suparyono? Rupanya, Wahyu bukanlah sosok baru di BUMN. Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Perum Bulog, Wahyu pernah menjadi Direktur Utama PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ASABRI (Persero). 

Sebagaimana diketahui, ASABRI merupakan BUMN yang berfokus pada pembayaran manfaat asuransi dan pensiun untuk TNI, Polri, serta ASN di Kementerian Pertahanan dan Polri. Wahyu diangkat sebagai Dirut ASABRI pada 5 Agustus 2020, menggantikan Sonny Widjaja, yang telah menjabat sejak 2016.

Sebelumnya, pria kelahiran Magelang pada 17 Oktober ini merupakan lulusan Sarjana Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada 1990. Dia lalu melanjutkan studi S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI pada 1997, dan meraih gelar Doktor dalam bidang Ilmu Manajemen dari Universitas Brawijaya pada 2014.

Sebelum menjadi Dirut Bulog, Wahyu memiliki banyak pengalaman di dunia korporasi, termasuk menjabat sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) pada 2014-2015. Tak hanya itu, Wahyu Suparyono juga pernah menjabat posisi penting di Perum Bulog. 

Dia pernah menjadi Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog pada 2015-2016, serta Komisaris Utama PT Jasa Prima Logistik (JPL) Bulog pada 2015-2018. Lalu direktur SDM dan umum Perum Bulog pada 2016-2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya