Jadi Operator Bandara Terbesar ke-5 Dunia, InJourney Airports Targetkan Ini

[dok. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria, dalam acara peresmian InJourney Airports di kantor InJourney, Jakarta, Senin, 9 September 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Keberhasilan merger antara PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) menjadi PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports), akhirnya diresmikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi hari ini.

Operator Alat Berat Ditemukan Tewas Usai Tertimbun Tanah Setinggi 5 Meter

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria memastikan, merger AP I dan AP II menjadi Angkasa Pura Indonesia ini juga sekaligus menjadikan InJourney Airports sebagai operator bandara ke-5 terbesar di dunia.

"Kami sampaikan bahwa tepat di hari ini, kita telah menjadi operator airport nomor 5 terbesar di dunia," kata Dony di kantor InJourney, Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024.

Viral Kecoak Terbang di Gerbong KRL, Auto Bikin Penumpang Teriak Histeris

Dia pun membeberkan proses peleburan kedua Angkasa Pura menjadi Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) tersebut, yang dilakukan dalam waktu cukup singkat.

Dony mengaku baru mendapat mandat untuk melaksanakan penggabungan kedua operator bandara tersebut, pada sekitar bulan Desember 2023 silam.

Angkasa Pura I dan II Merger, InJourney Ubah Konsep Bandara Jadi Green Airport

[dok. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam peresmian merger Angkasa Pura Indonesia di kantor InJourney, Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Namun dalam kurun waktu 9 bulan, InJourney pun memfokuskan untuk melakukan pendalaman dan penyelarasan, terhadap sejumlah aturan komersial hingga operasional kedua operator bandara tersebut.

"Proses ini adalah awal dari sebuah transformasi panjang yang kita lakukan ke depan. Termasuk di dalamnya menempatkan bandar udara kita ke dalam best practice di industrinya," ujar Dony.

[dok. Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam acara peresmian merger Angkasa Pura Indonesia di kantor InJourney, Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Melalui merger tersebut, Dia pun menargetkan bahwa Angkasa Pura Indonesia melalui 37 bandara kelolaannya akan mampu melayani hingga 170 juta orang setiap tahunnya.

"Dengan adanya penggabungan ini, kami menargetkan jumlah penumpang yang akan dilayani oleh InJourney Airports akan bisa mencapai 170 juta orang per tahun," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya