Angkasa Pura Resmi Dilebur, Menhub Budi Harap Seluruh Bandara RI Dapat Perhatian Sama

[dok. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN, Erick Thohir, dalam peresmian merger Angkasa Pura Indonesia di kantor InJourney, Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – PT Angkasa Pura I (AP I) dan PT Angkasa Pura II (AP II) telah resmi bergabung menjadi PT Angkasa Pura Indonesia, setelah proses panjang merger yang dilakukan oleh Kementerian BUMN dan para stakeholder terkait lainnya.

Jokowi Sebut Tol Balikpapan ke IKN Perkiraan Akan Selesai Pertengahan 2025

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berharap, dengan adanya penggabungan kedua entitas pengelola menjadi Angkasa Pura Indonesia ini, nantinya semua bandara di Tanah Air bisa mendapat perhatian yang sama baiknya dengan Bandara Soekarno-Hatta.

"Jadi dari (bandara di) Jayapura, Banda Aceh, dan segala macam (bandara di wilayah lainnya), mesti mendapatkan perhatian sama baiknya dengan (bandara) Soekarno-Hatta dan Kualanamu," kata Budi Karya saat memberikan sambutan di kantor InJourney, Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin, 9 September 2024.

Bandara IKN Perdana Didarati Pesawat Jet, Menhub Budi: Alhamdullilah Lancar

Angkasa Pura Airport.

Photo :
  • Antara/ Eric Ireng

Dengan komitmen tersebut, menhub juga berharap ke depannya tidak akan ada lagi kecemburuan yang terjadi antara pengelolaan bandara yang satu dengan bandara di wilayah lainnya di Tanah Air.

Angkasa Pura I dan II Merger, InJourney Ubah Konsep Bandara Jadi Green Airport

Menurut Budi Karya, hal semacam itu perlu ditangani dengan serius oleh Pemerintah, supaya tidak menimbulkan dampak buruk dari kecemburuan terkait pengelolaan bandara di masing-masing wilayah yang ada di Indonesia.

"Karena kalau tidak dilakukan (kesetaraan perhatian pengelolaan bandara), maka bisa timbul keirian dan semangat kita untuk mempersatukan Indonesia tidak terjadi," ujarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi [dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria mengatakan, melalui penggabungan kedua Angkasa Pura menjadi Angkasa Pura Indonesia ini, maka dipastikan bahwa Indonesia kini juga telah menjadi operator bandara terbesar kelima di dunia.

"Tepat di hari ini, kita menjadi operator airport nomor lima terbesar di dunia," ujarnya.

Sebagai informasi, pada peresmian merger kedua Angkasa Pura menjadi Angkasa Pura Indonesia tersebut, seremoninya pun turut ditandai dengan prosesi pemotongan tumpeng yang dilakukan Menteri BUMN, Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya