Progres Bandara Nusantara Hampir 75 Persen, Menhub Budi: Rampung Akhir 2024

Pembangunan bandara di IKN [dok. BKIP Kementerian Perhubungan]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta, VIVA – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melaporkan, progres keseluruhan pengerjaan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini telah mencapai 74,79 persen, dengan waktu pengerjaan selama 273 hari.

SK Mundur dari Seskab Belum Diteken Jokowi, Pramono Anung: Saya Taat pada Aturan Main

Menhub pun mengaku optimis bahwa Bandara IKN itu akan rampung dibangun seluruhnya sesuai target, yakni pada 31 Desember 2024 mendatang. Terlebih, Menhub memastikan bahwa sejumlah perkembangan yang cukup signifikan telah berhasil dicapai dalam pembangunan Bandara IKN tersebut.

"Pembangunan runway per hari ini telah mencapai 1.975 meter. Ini masih sesuai target kita. Dalam waktu dekat ini akan rampung hingga 2.200 meter," kata Budi Karya dalam keterangannya, Senin, 9 September 2024.

Prabowo Langsung Terbang ke Vietnam Usai Rapat Kabinet Terakhir di IKN, Warganet Takjub: Gokil!

Menhub Budi Karya Sumadi meninjau pembangunan Bandara IKN Nusantara

Photo :
  • Dok BKIP Kemenhub

Dia mengatakan, pada akhir Agustus 2024 lalu, runway yang dibangun masih baru memiliki panjang 1.025 meter. Karenanya, pembangunan pun terus berlangsung cepat meski kondisi cuaca di IKN kerap mengalami gerimis dan hujan.

Jokowi Sebut 493 Bidang Tanah Seluas 2-4 Hektare di IKN Siap Ditawarkan ke Investor

Selain runway, Menhub menegaskan bahwa sejumlah perkembangan pada kawasan bandara lainnya pun juga sudah terlihat. Di antaranya adalah terminal VVIP yang pembangunannya telah mencapai 90,16 persen, dibanding bulan lalu yang masih 82,6 persen. Sementara, untuk terminal VIP telah rampung 77,06 persen.

Kemudian untuk fasilitas penunjang, tower ATC per hari ini telah terbangun 53,71 persen, gedung administrasi dan operasional sudah terbangun 61,03 persen, dan Gedung PKP-PK sudah rampung 68,71 persen.

"Hingga saat ini pembangunannya berjalan baik. Kendala masih pada kondisi cuaca yang tidak menentu dan agak melambatkan pekerjaan. Tapi, semua masih on track," ujar Menhub.

Sementara untuk jalan penunjang akses bandara, saat ini sudah terbangun di atas 50 persen. jalan akses utama telah siap 98,53 persen, jalan perimeter barat terbangun 66,96 persen, dan jalan perimeter timur sudah rampung 50,44 persen.

"Seluruh jalan inilah yang nantinya akan menunjang akses dari dan menuju ke bandara," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya