World Expo 2025 Osaka Bakal Dihadiri 28 Juta Pengunjung, RI Siap Pamerkan IKN

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam di Kementerian PPN/ Bappenas, Vivi Yulaswati dan Daud Nugraha pemenang kompetisi desain maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anisa Aulia

Jakarta, VIVA – Indonesia akan berpartisipasi dalam World Expo 2025 Osaka pada 13 April hingga 13 Oktober 2025 mendatang. Pada World Expo ini ditargetkan pengunjung yang hadir sebanyak 28 juta.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam di Kementerian PPN/ Bappenas, Vivi Yulaswati mengatakan, dalam World Expo 2025 Osaka ini pemerintah akan memamerkan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"IKN sendiri kami rancang akan direpresentasikan salah satunya nanti di bagian yang berdasarkan tentang future. Intinya kita ini showcasing bahwa kota-kota kita ke depan akan seperti IKN baik itu green city, smart city, dan all forest city," ujar Vivi di Menara Bappenas Kamis, 5 September 2024.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Melihat Lebih Dekat Wajah Ibu Kota Nusantara (IKN)

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Pemerintah juga mengadakan kompetisi desain maskot Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka. Dari lima finalis yang lolos ke tahap akhir, desain maskot bernama TUMTUM karya Daud Nugraha asal Bandung resmi dinobatkan sebagai pemenang utama. 

Menteri Basuki Perkenalkan KIPP IKN dalam Kunjungan Komisi V DPR RI dan Kapolri

“Desain maskot TUMTUM karya Daud Nugraha tidak hanya akan memperkuat identitas Indonesia di World Expo 2025 Osaka, tetapi juga akan menjadi simbol kebanggaan nasional yang menginspirasi dan menyatukan kita semua," ujar Vivi.

Sebagai bentuk penghargaan, Daud Nugraha menerima hadiah Rp 35 juta dan kesempatan eksklusif perjalanan ke Osaka, Jepang, untuk menyaksikan langsung bagaimana karyanya menjadi bagian integral dari Paviliun Indonesia. 

Vivi meyakini dengan maskot resmi ini akan semakin menambah daya tarik, meningkatkan interaksi pengunjung, serta mempresentasikan keindahan dan potensi Indonesia di panggung global.

Dia melanjutkan, dengan diumumkannya TUMTUM sebagai maskot resmi Indonesia untuk World Expo 2025 Osaka, Kementerian PPN/ Bappenas akan segera memperkenalkan ikon ini kepada masyarakat luas melalui berbagai kanal komunikasi. TUMTUM akan menjadi pusat dalam berbagai kampanye promosi dan kegiatan menjelang serta selama kehadiran Indonesia di World Expo 2025 Osaka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya