8 Manfaat Punya Dana Darurat, Bisa Bebas Lilitan Utang Pinjaman Online

Ilustrasi kesuksesan anak muda dalam berbisnis
Sumber :
  • vstory

Jakarta, VIVA – Di era digital seperti sekarang, pinjaman online kerap dianggap sebagai solusi cepat untuk mendapatkan dana instan. Namun, tanpa perencanaan yang matang, ketergantungan pada pinjaman online justru dapat menjerumuskan Anda ke dalam lingkaran utang.

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Salah satu cara untuk menghindari utang pinjaman online adalah dengan memiliki dana darurat. Sebagaimana diketahui, dana darurat ini disisihkan khusus untuk menghadapi situasi tak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, biaya medis, atau kebutuhan mendesak lainnya.

Di lain sisi, banyak orang yang terjebak dalam utang pinjaman online karena mereka tidak memiliki dana darurat yang cukup untuk menghadapi krisis finansial. Akibatnya, mereka sering tergoda untuk meminjam secara instan tanpa memperhitungkan kemampuan membayar. 

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Syariah, Bisa Langsung Cair?

Sebab itu, membangun dana darurat dapat membuat Anda terhindar dari ketergantungan menggunakan pinjaman online. Selain itu, mempunyai dana darurat juga bisa menjaga stabilitas keuangan dalam jangka panjang.

Ilustrasi mengelola keuangan

Photo :
  • Pexels
Kenali 6 Penyebab Utama Pengajuan Pinjaman Online Ditolak

Berikut ragam manfaat memiliki dana darurat:

1. Bebas dari Jeratan Pinjaman Online

Memiliki dana darurat memungkinkan Anda untuk mengatasi situasi darurat tanpa perlu meminjam uang dari layanan pinjaman online. Alhasil, Anda bisa terbebas dari utang serta bunganya.

2. Menghadapi Pengeluaran Tak Terduga dengan Tenang

Dana darurat membantu Anda menangani keperluan yang mendesak dan sifatnya mendadak. Misalnya, perbaikan kendaraan, biaya rumah sakit, tagihan pendidikan, tanpa harus mengambil pinjaman tambahan yang bisa memperburuk kondisi keuangan.

3. Menghindari Stres

Ilustrasi belanja online pakai Paylater

Photo :
  • Kredivo

Situasi keuangan yang tidak stabil kerap menimbulkan stres. Nah, memiliki dana darurat yang memadai, membuat Anda dapat merasa lebih tenang karena memiliki cadangan dana yang siap digunakan kapan saja.

4. Menjaga Stabilitas Gaya Hidup 

Kehilangan sumber pendapatan dapat berdampak besar pada gaya hidup Anda. Dana darurat memungkinkan Anda untuk tetap memenuhi kebutuhan tanpa mengubah gaya hidup secara drastis atau terpaksa meminjam uang.

5. Melindungi dari Ketidakpastian Pemasukan

Dalam situasi ekonomi yang memburuk,  kehilangan pekerjaan adalah salah satu momok dan ancaman. Memiliki dana darurat, memberikan ruang untuk Anda mencari pekerjaan baru tanpa harus tertekan oleh kebutuhan finansial jangka pendek.

6. Memberikan Perlindungan pada Kesehatan

Biaya medis yang tidak terduga bisa sangat besar. Ketika Anda mempunyai dana darurat, maka Anda tidak perlu meminjam untuk membayar biaya pengobatan.

7. Mencapai Kemandirian Finansial

Dengan memiliki dana darurat, Anda tidak perlu bergantung pada pinjaman online, keluarga, atau teman saat menghadapi krisis keuangan. Ini artinya, Anda lebih mandiri dalam mengelola keuangan.


8. Mendukung Rencana Keuangan Jangka Panjang

Dana darurat memungkinkan Anda fokus pada tujuan jangka panjang seperti investasi atau menabung untuk pembelian besar, tanpa harus menarik tabungan atau meminjam uang ketika ada kebutuhan mendesak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya