3 Tips Mudah agar Tabungan Bertambah Terus dengan Bank Digital

Iliustrasi bank digital/Bank Jago
Sumber :
  • Bank jago

Jakarta, VIVA – Menabung secara konsisten sangat penting untuk menjaga keuangan tetap stabil dan mencapai tujuan finansial. Namun, tak jarang, kebiasaan menabung terganggu di tengah jalan. Jika hal ini terjadi, tabungan pun akan stagnan dan tidak berkembang. 

Mengapa Generasi Milenial dan Gen Z Lebih Pilih Bank Digital? Ini Alasannya

Untuk memastikan tabungan terus bertambah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar keuanganmu tetap terkelola dengan baik dan tabungan semakin tumbuh. Berikut ini akan diberikan tips agar tabungan bisa terus bertambah dengan bank digital

1. Siapkan Budget Khusus untuk Menabung

Tips Cerdas Maksimalkan Tabungan dan Investasi di Bank Digital

Ilustrasi asuransi/menabung dan mengelola keuangan.

Photo :
  • Pixabay

Salah satu kunci agar tabungan terus bertambah adalah dengan menetapkan menabung sebagai prioritas. Artinya, setiap kali menerima gaji atau pendapatan, pastikan ada bagian yang langsung disisihkan untuk tabungan. Menyusun budget atau anggaran khusus untuk menabung sangat penting, seperti halnya membuat anggaran untuk kebutuhan sehari-hari, tagihan bulanan, atau biaya lainnya.

Tips Membuat Budget Plan dengan Bank Digital agar Kebutuhan dan Tanggungan Teratasi

Dengan adanya anggaran, kamu bisa lebih disiplin dalam mengelola pengeluaran dan memastikan tabungan tidak terabaikan. Alokasikan persentase tertentu dari pendapatan untuk disimpan di tabungan setiap bulannya.

2. Gunakan Fitur Tabungan Otomatis

Ilustrasi bank digital.

Photo :
  • Pixabay/kreatikar

Setelah anggaran untuk menabung sudah ditentukan, langkah berikutnya adalah membuat proses menabung menjadi otomatis. Dengan bank digital seperti Bank Jago, kamu bisa memanfaatkan fitur tabungan otomatis agar setiap bulan sejumlah uang secara otomatis ditransfer ke rekening tabunganmu tanpa harus diingatkan.

Misalnya, kamu dapat membuat Kantong Nabung di aplikasi Jago. Sebenarnya bisa buat beberapa “kantong” atau sub-rekening, masing-masing untuk tujuan keuangan yang berbeda, seperti dilansir dari laman resminya. 

Aktifkan fitur auto-debit atau pengaturan transfer otomatis setiap kali gaji masuk, sehingga uang akan langsung masuk ke kantong tabungan sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu khawatir uang akan terpakai untuk hal-hal lain karena sudah tersimpan terlebih dahulu di rekening tabungan sejak awal bulan.

3. Evaluasi Pengeluaran untuk Menambah Tabungan

Ilustrasi belanja online

Photo :
  • Pixabay/ Preis_King

Agar tabungan bisa terus bertambah, penting untuk selalu mengevaluasi pengeluaran. Dengan aplikasi bank digital, kamu bisa menggunakan fitur analisis pengeluaran untuk melihat di mana saja uangmu digunakan. Dari sini, kamu bisa menemukan peluang untuk menghemat pengeluaran yang kurang penting dan mengalihkan dana tersebut ke tabungan.

Sebagai contoh, mungkin kamu tanpa sadar sering melakukan top up e-wallet untuk hal-hal yang tidak terlalu diperlukan atau masih membayar langganan layanan tertentu yang jarang digunakan. Dengan menyesuaikan atau mengurangi pengeluaran ini, kamu bisa lebih banyak menyisihkan uang ke dalam tabungan, sehingga saldo tabungan terus meningkat.

Dengan menetapkan budget khusus, memanfaatkan fitur otomatis, dan secara rutin mengevaluasi pengeluaran, kamu bisa memastikan bahwa tabunganmu terus bertambah meskipun dengan langkah-langkah yang sederhana. Bank digital menawarkan berbagai kemudahan dalam hal ini, sehingga proses menabung menjadi lebih efisien dan terarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya