Terlanjur Pakai Dana Pinjaman Online, Simak Strategi Bayar Cicilan Utangnya

Ilustrasi uang rupiah
Sumber :
  • ANTARA

Jakarta, VIVA – Pinjaman online bisa menjadi solusi cepat saat membutuhkan dana yang sifatnya mendesak. Namun, meski menawarkan kemudahan, pinjaman online seringnya juga membawa beban bila tidak dikelola dengan baik. 

Tips Buat Kelas Menengah agar Tetap Sejahtera

Termasuk tentang cara mengatur keuangan untuk membayar cicilan pinjaman online. Jika Anda sudah terlanjur menggunakan layanan tersebut, penting untuk Anda memiliki strategi yang tepat agar cicilan utang dapat dilunasi tanpa memberatkan keuangan Anda.

Kunci utama dalam membayar cicilan pinjaman online adalah pengelolaan keuangan yang baik. Hal ini dapat dimulai dengan membuat anggaran bulanan yang terencana, memprioritaskan kebutuhan pokok, dan menahan diri dari pengeluaran yang tidak perlu. 

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Syariah, Bisa Langsung Cair?

Tanpa strategi tersebut, Anda bisa terjebak dalam utang berkepanjangan yang sulit dilunasi. Apalagi dengan bunga pinjaman online yang biasanya cukup tinggi.

Jika Anda ingin melunasi cicilan pinjaman online dengan lebih efektif, berikut beberapa strategi yang bisa Anda ikuti:

Kenali 6 Penyebab Utama Pengajuan Pinjaman Online Ditolak

Tips Bayar Utang Pinjaman Online 

Ilustrasi Kredit Online.

Photo :

1. Bikin Anggaran Bulanan

Langkah pertama, yakni membuat anggaran bulanan yang realistis. Hal ini agar Anda bisa memantau semua pengeluaran dan pemasukan Anda. Saat membuat anggaran, masukkan juga dana khusus untuk membayar cicilan utang secara rutin.

2. Prioritaskan Kebutuhan Pokok dan Bayar Cicilan

Meski ingin membayar utang pinjaman online, jangan lupakan juga untuk memastikan bahwa kebutuhan pokok seperti makan, transportasi, dan tagihan utama terpenuhi.

3. Kurangi Pengeluaran Konsumtif

Ilustrasi Liburan Akhir Tahun

Photo :
  • Istimewa

Tahan diri dari pengeluaran yang bersifat konsumtif, seperti belanja barang yang tidak perlu atau makan dan jajan di luar. Fokuslah pada kebutuhan esensial untuk menghemat uang dan membayar cicilan tepat waktu.

4. Otomatisasi Pembayaran Cicilan

Gunakan fitur otomatisasi pembayaran melalui rekening bank Anda agar cicilan dibayar tepat waktu. Ini mencegah terlambat bayar yang bisa berujung pada  denda keterlambatan.

5. Sediakan Rekening Terpisah

Buka rekening terpisah yang khusus digunakan untuk menyimpan dana pembayaran cicilan. Dengan begitu, Anda bisa lebih disiplin dalam mengelola uang untuk keperluan utang.

6. Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Hindari mengambil pinjaman baru untuk melunasi pinjaman lama. Hal ini justru akan memperburuk situasi keuangan Anda.


7. Pakai Aplikasi Keuangan

Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi keuangan untuk memantau kondisi keuangan Anda secara real-time. Aplikasi ini membantu Anda memantau pengeluaran dan menyiapkan anggaran untuk cicilan pinjaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya